Home / Nusantara / Hari Pers Nasional, Togar Situmorang: Pers Harus Mencerdaskan dan Mempersatukan
Advokat senior Togar Situmorang, SH, CMed, MH, MAP, CLA. (istimewa)

Hari Pers Nasional, Togar Situmorang: Pers Harus Mencerdaskan dan Mempersatukan

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Hari Pers Nasional 2021 mengusung tema ‘Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan’. Ada banyak harapan mengiringi peringatan Hari Pers Nasional kali ini.

Salah satunya dari advokat senior yang juga pengamat kebijakan publik Togar Situmorang, SH, CMed, MH, MAP, CLA. Ia berharap, momentum Hari Pers Nasional 2021 diharapkan mendorong pers selain sebagai akselerator perubahan, juga mempersatukan dan mencerdaskan masyarakat.

“Beban pers kini semakin berat dengan semakin banyaknya hoaks berseliweran. Dibutuhkan kejelian pembaca dalam memilih berita yang akan dibaca untuk mendapatkan informasi yang akurat dan terpercaya. Di sinilah pentingnya kehadiran pers yang mencerdaskan, mempersatukan,” kata Togar Situmorang, di Denpasar, Selasa (9/2/2021).

Ia menambahkan, pers berperan penting dalam pembangunan Indonesia. “Pers adalah salah satu aktor penting pembangunan Indonesia,” ucapnya.

Era sekarang ini, lanjut advokat berdarah Batak itu, teknologi khususnya internet sangat membantu mempermudah urusan manusia. Namun, teknologi juga dapat menimbulkan bencana atau konflik.

“Internet dalam perkembangannya dapat menyatukan masyarakat sekaligus dapat memecah belah. Internet merupakan sebuah komunikasi yang terhubung secara daring yang terdapat di dalam dunia siber,” ujarnya.

Dalam perkembangan internet, media sosial dapat diakses mudah menggunakan smartphone. Parahnya dalam informasi yang beredar di media sosial, banyak yang menyesatkan. Di sinilah peran pers mencerdaskan masyarakat.

“Diperlukan kemampuan literasi dalam mengolah suatu informasi. Akibat dari kemampuan literasi yang rendah dapat menyebabkan informasi yang menyesatkan akan diserap langsung dan kemungkinan besar akan disebarluaskan kembali. Pers harus hadir untuk mencerdaskan,” kata Dewan Penasehat Forum Batak Intelektual ini.

“Mari kita lebih smart untuk menayangkan suatu berita. Jangan sampai memberikan kesesatan dalam masyarakat, apalagi sampai membuat gaduh. Kami dari Law Firm Togar Situmorang mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021. Semoga keadilan selalu berpihak kepada yang benar dan para jurnalis bisa memberitakan apa yang benar-benar terjadi kepada bangsa ini. Dan semoga insan pers senantiasa bisa menjadi yang terdepan, terpercaya, dan nomor satu dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,” pungkas CEO & Founder Law Firm Togar Situmorang ini. (KI-01)

Check Also

Budaya Literasi Merosot Picu Maraknya Hoaks dan Radikalisme

Ruteng (KitaIndonesia.Com) – Fenomena maraknya kasus ujaran kebencian serta hoaks hingga tumbuh suburnya radikalisme dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *