Home / Peristiwa / Nasional / Hari Lahir Pancasila, Togar Situmorang: Pancasila Harga Mati!

Hari Lahir Pancasila, Togar Situmorang: Pancasila Harga Mati!

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Menurut Advokat Togar Situmorang, SH, MH, MAP, CMed, CLA, peringatan ini tidak sekadar karena Pancasila sebaga lambang negara, namun juga karena sila-sila Pancasila merupakan dasar bagi seluruh rakyat Indonesia dalam menjalankan hak dan kewajibannya.

“Jadi konsep hidup berbangsa dan bernegara kita didasarkan pada kelima sila dari Pancasila ini. Karena itu sebagai bagian dari insan hukum yang ada di Indonesia, bagi kami Pancasila adalah harga mati,” ujar Togar Situmorang, di Law Firm Togar Situmorang Cabang Jakarta Jalan Kemang Selatan Raya Nomor 99, Gedung Piccadilly, Jakarta, Selasa 1 Juni 2021.

Togar Situmorang bersama tim bahkan ikut berpartisipasi mengadakan Resepsi Insan Pancasila dengan potong tumpeng tepat Pukul 10.00.

“Ini bukan sekadar seremonial. Ini sebagai upaya untuk senantiasa mengingat sejarah kelahiran Pancasila yang kita jadikan sebagai dasar dan ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas advokat berdarah Batak kelahiran Jakarta ini.

Hal itu juga sebagai bentuk penghormatan bahwa rangkaian peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan bagian dari proses pembelajaran yang terus-menerus untuk menghadapi permasalahan bangsa Indonesia hari ini dan kemudian hari.

Berbeda dari perayaan tahun-tahun sebelumnya, sejak tahun 2020 lalu hingga 2021 tahun ini peringatan Hari Lahir Pancasila masih diwarnai dengan adanya pandemi Covid-19.

“Ini merupakan bencana global. Apalagi dari hari ke hari, jumlah kasus positif Covid-19 terus meningkat signifikan,” ucapnya.

Di tengah ancaman virus ini, Togar Situmorang mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk saling memperkuat kebersamaan sekaligus kepedulian bagi sesama, sebagaimana amanat sila-sila Pancasila, khususnya sila ke-2 “Kemanusiaan yang adil dan beradab“ serta sila ke-5 “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”.

“Dengan memahami dan memperingati Hari Lahir Pancasila, semoga kita semua makin bisa mengamalkan seluruh sila yang ada dalam Pancasila secara sempurna. Kondisi seperti saat ini memang harus kita jalani, karena kita tidak bisa menghindar dari pandemi Covid-19,” tutur advokat kondang yang terkenal dengan motto ‘Melayani Bukan Dilayani’ ini.

Ia pun meyakinkan bahwa di balik kesusahan, kesulitan dan musibah apapun, sebagai bangsa yang berfalsafah Pancasila, masyarakat Indonesia harus yakin pada Tuhan Yang Maha Kuasa bahwa setelah ini jalan menuju kemudahan, kebangkitan dan kejayaan akan terwujud.

“Semangat Pancasila menjadi begitu penting untuk terus ditanamkan kepada seluruh komponen bangsa. Dan kita semua harus yakin bahwa dalam kesusahan akan timbul kemudahan. Kami dari Law Firm Togar Situmorang mengucapkan ‘Selamat Hari Lahirnya Pancasila’,” pungkas CEO & Founder Law Firm Togar Situmorang yang berkantor pusat di Jalan Tukad Citarum Nomor 5A Renon, Denpasar Selatan ini. (KI-33)

Check Also

Dukung Pariwisata Bali Dibuka, Togar Situmorang: Keselamatan Tetap Diutamakan

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Pariwisata Bali resmi dibuka kembali untuk wisatawan mancanegara, setelah ditutup selama pandemi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *