Home / Nusantara / Hari Kesehatan Nasional, Togar Situmorang: Jaga Diri, ‘Badai’ Corona Belum Berlalu

Hari Kesehatan Nasional, Togar Situmorang: Jaga Diri, ‘Badai’ Corona Belum Berlalu

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Hari Kesehatan Nasional 2021, dimaknai secara berbeda oleh advokat senior Togar Situmorang, SH, MH, MAP, CMed, CLA. Maklum, advokat berdarah Batak ini pernah terpapar virus corona, dan selama 16 hari berjuang melawan maut di ICU.

“Covid-19 ini sangat mengerikan. Jangan dianggap sepele. Virus itu ada, dan saya sendiri pernah mengalami keganasan virus corona ini,” kata Togar Situmorang, di Denpasar, Jumat 12 November 2021.

Pemerintah Indonesia, menurut dia, telah melakukan upaya luar biasa dalam hal penanganan Covid-19. Indonesia bahkan merupakan negara terbaik untuk penanganan Covid-19.

“Seperti saat ini, walau masih dalam status PPKM, namun angka Covid-19 sudah turun ke level rendah dan ini patut disyukuri,” tutur pemilik Law Firm Togar Situmorang, yang berkantor di Bali di Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 22 Denpasar, Jalan Teuku Umar Barat Nomor 10 Denpasar, dan Jalan Raya Gumecik Gg Melati Nomor 8 Ketewel, By Pass Prof IB Mantra; di DKI Jakarta di Jalan Kemang Selatan Raya Nomor 99 Gedung Piccadilly, Jakarta Selatan; serta di Jawa Barat di Jalan Terusan Jakarta Nomor 181 Ruko Harmoni Kav 18 Antipani, Kota Bandung, ini.

Namun demikian, di momentum Hari Kesehatan ini, ia mengajak masyarakat untuk tak lengah. Sebab jumlah penderita Covid-19 bertambah lagi yang dirawat di Rumah Sakit Wisma Atlet, Jakarta.

Masyarakat diharapkan tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk dalam lingkup rumah tangga. Selain itu, harus menghindari kerumunan, selalu menggunakan masker, dan sesering mungkin mencuci tangan setelah aktivitas.

“Jaga diri kita. Badai virus corona belum berlalu. Tetap jalankan protokol kesehatan yang disarankan pemerintah. Terapkan 3 M (menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan) dan suntik vaksin lengkap. Dan yang paling penting, jangan lupa untuk untuk selalu berdoa serta dekat dengan Tuhan,” ajak Togar Situmorang.

Ia kemudian membagikan pengalamannya, pernah terpapar virus corona dan dirawat intensif di Rumah Sakit Bali Mandara sejak tanggal Selasa 29 Juni 2021. Togar Situmorang bahkan dirawat di Ruang ICU, karena kondisinya yang memburuk.

Setidaknya selama 16 hari Togar Situmorang berjuang melawan maut di ICU. Ia bersyukur, karena akhirnya dinyatakan membaik dan diperbolehkan dirawat di ruangan umum.

“Setelah dari ICU, kondisi saya makin membaik dan semua itu mukjizat bagi saya. Saya bersyukur Tuhan Yesus masih memberi kesempatan hidup dan akan saya pergunakan untuk berbuat kebaikan karena hidup ini adalah kesempatan untuk melayani Tuhan,” ucapnya.

Ia pun mengimbau agar masyarakat menjaga diri agar tidak terpapar Covid-19, apalagi yang memilik penyakit bawaan atau yang sudah berada pada usia rentan. Togar Situmorang menyarankan agar menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Tentunya kita berharap, pandemi ini segera berakhir supaya kehidupan kita kembali sediakala. Namun hal tersebut bisa terwujud kalau kita bisa berdisiplin menerapkan protokol kesehatan,” pungkas advokat yang sering disapa Panglima Hukum ini. (KI-01)

Check Also

Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu, Demokrat Siap Bersinergi dengan Polda Bali

KitaIndonesia.Com – DPD Partai Demokrat Provinsi Bali menegaskan komitmennya untuk menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *