Home / Nusantara / Hari Ibu, Togar Situmorang: Rezeki Mengalir Karena Doa Ibu
Advokat senior Togar Situmorang, SH, MH, MAP, CLA bersama ibunda dan keluarga. (istimewa)

Hari Ibu, Togar Situmorang: Rezeki Mengalir Karena Doa Ibu

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Desember menjadi salah satu bulan yang diistimewakan bagi para ibu di Indonesia. Pasalnya, tiap tanggal 22 Desember, diperingati sebagai Hari Ibu.

Tahun 2020 ini, Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-92 mengusung tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”. Peringatan Hari Ibu diadakan sebagai bentuk penghargaan terhadap peran ibu khususnya ke keluarga.

Di Hari Ibu ini, advokat kondang Togar Situmorang, SH, MH, MAP, CLA, secara khusus berbagi cerita tentang istimewanya seorang ibu dan doa mereka. Bahkan advokat senior kelahiran Jakarta berdarah Batak itu menyebut ibu sebagai Tuhan yang kelihatan di bumi ini.

“Saya melihat figur orang tua terutama ibu, mereka adalah Tuhan yang nyata di muka bumi ini. Jadi apapun perkataan atau suruhan orangtua, pasti akan saya lakukan tanpa ada bantahan,” tutur Togar Situmorang.

Managing Partner Law Firm Togar Situmorang ini sendiri dikenal sangat menyayangi dan menghormati ibunya. Ia pun berkomitmen memperlakukan ibunda secara istimewa, apalagi di hari – hari tuanya.

“Ibarat pepatah bilang, uang bisa dicari, ilmu bisa digali, tetapi kesempatan mengasihi orang tua terutama seorang ibu tak akan bisa kembali,” ucapnya.

“Oleh sebab itu, di kesempatan Hari Ibu ini, saya mengucapkan “Selamat Hari Ibu”. Semoga ibu saya selalu diberikan kesehatan, kebahagiaan di dalam menjalani masa tuanya di dunia ini,” imbuh Togar Situmorang, dengan mata berkaca-kaca.

Baginya, Hari Ibu adalah momentum paling indah dan hari yang paling ditunggu-tunggu. Sebab di Hari Ibu, bisa mengingat dan merefleksikan apa yang pernah diperbuat untuk seorang ibu.

“Baik atau buruk perjalanan kisah hidup di tahun 2020 ini, maka kita mengintropeksi apakah kita sudah mengasihi ibu. Saya pribadi, tanpa ibu, hari ini saya tidak ada artinya di dunia ini. Karena ibu saya sosok yang memang menjadi panutan, sehingga saya bisa seperti ini,” tuturnya.

“Demikian juga untuk anak saya Axl Mathew Situmorang, Alexander Ricardo Gracia, dan Sinta, juga harus menghormati orang tua dan bisa berbakti. Karena kasih sayangnyalah makanya kita diberkati oleh Tuhan, selalu diberi rezeki yang tidak putus-putus apabila kita bisa menghormati orangtua,” lanjut advokat yang dijuluki Panglima Hukum ini.

Togar Situmorang bahkan teringat akan suatu pepatah Batak. ‘Ingkon pasangaphonmu do natorasmu asa martua ho, jala leleng mangolu di tano na nilehon ni Jahowa Debatam di ho’. Maknanya adalah, ‘kita harus menghormati ibu kita kalau kita mau selamat di jalan muka bumi ini di tanah yang dijanjikan Tuhan kepada kita’.

“Jadi barangsiapa yang tidak sayang kepada orangtua terutama ibu, itu akan menjadi anak durhaka. Maka dia akan hidup sia-sia di muka bumi ini. Kita harus menghormati, mengasihi, dan setia kepada ibu-bapak kita dan kepada semua orang yang diberi kuasa atas kita, dan tunduk pada pengajaran dan hukuman mereka dengan ketaatan yang patut. Dan juga agar kita bersikap sabar terhadap kelemahan dan cacat mereka, karena Allah berkenan memerintah kita melalui tangan mereka,” tandas Dewan Pembina DPP Forum Batak Intelektual (FBI) ini.

Bakti pada orangtua, khususnya ibu, menurut Togar Situmorang, lebih baik dilakukan saat mereka masih hidup. Sebab percuma menghormati mereka dengan acara mewah, ketika mereka sudah tiada.

“Tentu saja kita harus menghormati dan mengasihi orangtua. Itu harus dilakukan ketika orangtua kita masih hidup, bukan ketika orangtua kita telah meninggal. Namun kenyataannya, banyak orang yang menyia-nyiakan kesempatan untuk menghormati dan mengasihi orangtua ketika masih hidup. Sebaliknya malah menunjukkan ‘penghormatan dan kasih’ justru ketika orangtua sudah meninggal dengan cara melakukan pesta kematian secara besar-besaran dan megah,” ucapnya.

“Terima kasih atas semua yang telah ibu lakukan untuk kami. Terima kasih untuk setiap pelukan, motivasi, dan cinta yang telah kau berikan padaku. Selamat Hari Ibu,” pungkas CEO & Founder Law Firm Togar Situmorang yang beralamat di Jalan Tukad Citarum Nomor 5A, Renon; Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 22, Denpasar; Jalan Malboro Teuku Umar Barat Nomor 10, Denpasar; Gedung Piccadilly Jalan Kemang Selatan Raya 99, Jakarta; Jalan Srengseng Raya Nomor 69 RT 05 RW 06, Lantai Dasar Blok A Nomor 12, Srengseng Junction, Jakarta; Jalan Trans Kalimantan Nomor 3-4, Sungai Ambawang – Pontianak, Kalimantan Barat; Jalan Ki Bagus Rangin Nomor 160 dan Jalan Duku Blok Musholla Baitunnur Nomor 160 RT/RW 007/ 001 Desa Budur, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon 45167, ini. (KI-01)

Check Also

Hari Laut Sedunia, Escape Bajo Bersama Komodo Escape Gelar Aksi Bersihkan Sampah di Pantai dan Laut

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Escape Bajo bersama Komodo Escape akan menggelar aksi bersihkan sampah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *