Home / Nusantara / Hari Bhayangkara, Togar Situmorang: Tantangan Polri Semakin Berat
Advokat senior yang juga pengamat kebijakan publik, Togar Situmorang, SH, MH, MAP. (istimewa)

Hari Bhayangkara, Togar Situmorang: Tantangan Polri Semakin Berat

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Tanggal 1 Juli diperingati sebagai Hari Bhayangkara. Peringatan Hari Bhayangkara tahun 2020 ini diharapkan menjadi momentum bagi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk mempertahankan kinerja positifnya selama ini, sehingga semakin dicintai masyarakat.

“Saya mengharapkan agar kinerja Polri bisa dipertahankan, sehingga Polri semakin dicintai masyarakat. Menurut saya, tugas Polri ke depan semakin berat. Masalah pemberantasan terorisme, narkoba, konflik sosial dan hoaks akan tetap menjadi fokus utama bhayangkara negara ini,” kata advokat senior yang juga pengamat kebijakan publik, Togar Situmorang, SH, MH, MAP, di Denpasar, Selasa (30/6/2020).

Menurut dia, Polri merupakan pengayom bagi seluruh masyarakat. Posisi ini penting untuk menjadi perhatian jajaran Polri, apalagi saat ini sedang riuh tahapan Pilkada Serentak 2020 serta pandemi Covid-19 masih menghantui.

“Peran Polri menjadi sangat penting dan vital dalam menjaga kondusifitas seluruh rakyat Indonesia,” tutur Togar Situmorang, yang juga Ketua Hukum RS dr Moedjito Dwidjosiswojo Jombang, Jawa Timur, ini.

Sementara untuk masyarakat, ia berharap bisa tetap bersama-sama dengan Polri menjaga kondusifitas. Seperti tetap mematuhi apa yang disarankan pemerintah terkait social distancing.

“Kita tidak tahu Covid-19 itu wujudnya seperti apa, tapi itu ada. Karena itu, mari kita selalu mengikuti arahan pemerintah,” ajak Ketua Pengurus Kota Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Pengkot POSSI) Kota Denpasar ini.

Ia menambahkan, masyarakat sendiri menginginkan polisi merespon secara cepat dan tepat jika dibutuhkan. Tentu keinginan masyarakat ini akan menjadi bahan renungan buat seluruh jajaran Polri dalam melaksanakan tugasnya, agar selalu hadir di tengah masyarakat.

“Seperti di wilayah hukum Polda Bali yang dipimpin oleh Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, sudah memberikan pelayanan yang sangat baik untuk masyarakat Bali. Dengan program 10 Wish Comander dari beliau, sungguh memberikan rasa aman dan nyaman dengan menekan kejahatan secara cepat dan terukur untuk masyarakat Bali sendiri,” ujar Togar Situmorang, yang juga Tim 9 KOMNASPAN RI.

Ia menegaskan, harapan masyarakat di seluruh dunia terhadap polisi tentu sama saja. Masyarakat menginginkan polisi yang cepat dan tepat. Polisi tidak boleh salah dan tindakannya harus sesuai aturan hukum.

“Walau polisi sudah memberikan pengabdian yang terbaik, tetapi kritikan, hinaan dan cercaan serta tuduhan tidak profesional masih saja dialamatkan kepada Polri. Berbagai hoaks yang isinya menyudutkan Polri dan lembaga lainnya juga bermunculan. Pengaruh hoaks begitu dasyat dan seringkali menggangu keamanan bangsa,” ucapnya.

“Semoga kehadiran Polri tetap menjadi garda terdepan dalam hal mengayomi masyarakat dan memberikan rasa nyaman di negeri ini. Kami dari Law Firm Togar Situmorang mengucapkan ‘Selamat Hari Bhayangkara ke-74 kepada polisi Promoter (profesional, moderen dan terpercaya) dan terima kasih atas pengabdianmu’,” pungkas Founder dan CEO Law Firm Togar Situmorang yang beralamat di Jalan Tukad Citarum Nomor 5A Renon, Denpasar (pusat), dan Cabang Denpasar di Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 22 Kesiman, Denpasar serta Cabang Jakarta di Gedung Piccadilly Room 1003-1004, Jalan Kemang Selatan Raya Nomor 99, Jakarta Selatan, ini. (KI-01)

Check Also

Enam Napi Rutan Negara Dipindahkan ke Lapas Karangasem

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Sebanyak enam narapidana (Napi) kasus pidana umum di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *