Home / Politik / Gusti Dula Hadiri Acara “Wuat Wa’i” Pasangan Maria Geong – Silvester Sukur
Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula (dua dari kanan) saat menghadiri acara Wuat Wa'i pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat, Maria Geong - Silvester Sukur. (kitaindonesia.com/itho umar)

Gusti Dula Hadiri Acara “Wuat Wa’i” Pasangan Maria Geong – Silvester Sukur

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Tahapan Pilkada Serentak 2020 kembali dilanjutkan, setelah sempat tertunda akibat pandemi Covid-19. Jelang suksesi kepemimpinan lima tahunan ini, berbagai persiapan dilakukan pasangan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan bertarung.

Hal ini seperti terekam jelang Pilkada Manggarai Barat 2020. Ada pasangan bakal calon yang sedang berjuang mendapatkan ‘tiket’, ada yang mendeklarasikan diri, dan ada pula yang menggelar acara adat.

Minggu (11/7/2020) misalnya, pasangan Maria Geong – Silvester Sukur menggelar acara “Wuat Wa’i” di Rumah Gendang Ranggu, Desa Ranggu, Kecamatan Kuwus Barat, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. “Wuat Wa’i” merupakan salah satu ritual adat yang biasa dilakukan oleh masyarakat Manggarai Raya untuk mendapatkan restu dari leluhur.

Menariknya, ritual adat pasangan Maria Geong – Silvester Sukur ini dihadiri sejumlah tokoh di Manggarai Barat, termasuk Agustinus Ch Dula yang juga Bupati Manggarai Barat. Bahkan kedatangan Gusti Dula, sapaan akrab Agustinus Ch Dula, disambut secara adat di pintu masuk Rumah Gendang Ranggu.

Prosesi penyambutan secara adat Gusti Dula bersama Maria Geong yang juga Wakil Bupati Manggarai Barat, ini dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Tim kesehatan desa setempat melakukan pemeriksaan suhu tubuh terhadap semua yang terlibat dalam acara.

Keduanya disambut dengan pengalungan selendang songket oleh perwakilan warga. Selain itu, tetua adat Ranggu, Hilarius Ngaru dan Silvester Sinir, mewakili tetua adat lainnya, juga menyambut dengan menyerahkan “tuak curu” dan “manuk kapu“. Dalam tradisi Manggarai, ini merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan untuk para tamu.

Usai acara penyambutan, semua yang terlibat dalam acara penyambutan menuju Rumah Gendang Ranggu. Selanjutnya, rangkaian ritual adat “Wuat Wa’i” untuk pasangan Maria Geong – Silvester Sukur, dilaksanakan dengan penuh khidmat. (KI-21)

Check Also

Kinerja Polda Bali Diapresiasi Sekwan DPRD Provinsi Bali

Denpasar(KitaIndonesia.Com) – DPRD Provinsi Bali menyatakan terbuka dalam memfasilitasi penyampaian aspirasi yang dilakukan oleh masyarakat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *