Home / Nusantara / Gubernur Sampaikan Tiga Ranperda ke DPRD Bali
Gubernur Bali Wayan Koster bersalaman dengan Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama usai menyampaikan penjelasan terkait tiga Ranperda. (humas dprd bali)

Gubernur Sampaikan Tiga Ranperda ke DPRD Bali

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan tiga buah Ranperda (Rancangan Peraturan Daerah) dalam Sidang Paripurna DPRD Provinsi Bali, di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Provinsi Bali, Rabu (12/2/2020). Ketiga Ranperda tersebut adalah Ranperda Tentang Standar Penyelenggaraan Kesehatan, Ranperda Tentang Standar Penyelenggaraan Kepariwisataan, dan Ranperda Tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali.

Dalam penjelasannya, Gubernur Koster memaparkan latar belakang penyampaian ketiga Ranperda tersebut. Yang paling penting adalah terkait pelaksanaan visi pembangunan Provinsi Bali. Hal tersebut sebagaimana tercantum dalam rancangan pembangunan jangka menengah semesta berencana tahun 2018-2023 yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui pola pembangunan semesta berencana menuju Bali Era Baru.

“Berbagai Perda dan Pergub telah disusun sebagai cara untuk mencapai visi ini, baik yang telah diundangkan maupun dalam proses finalisasi,” jelas Gubernur Koster, sembari mengharapkan pimpinan dan anggota dewan memiliki persepsi yang sama dalam konteks implementasi visi pembangunan daerah Bali.

Gubernur Koster menyebut, produk hukum yang dibuat tidaklah berdiri sendiri. Produk hukum tersebut bukan regulasi parsial tapi regulasi menyeluruh, kait-mengkait secara fundamental dan komprehensif untuk mewujudkan visi Nangun Sat Kethi Loka Bali.

“Apa yang sudah dan akan dijalankan merupakan bagian dari kerangka hukum dan visi pembangunan Bali,” jelas Gubernur Koster, yang juga Ketua DPD PDIP Provinsi Bali ini.

Mantan anggota Fraksi PDIP DPR RI ini lalu merinci terkait ketiga Ranperda yang diajukan tersebut. Menurut dia, Ranperda Tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali terdiri atas 12 bab dan 74 pasal. Selanjutnya, Ranperda Tentang Standar Penyelenggaraan Kepariwisataan Bali memuat 15 bab dan 41 pasal. Adapun Ranperda Penyenggaraan Kesehatan terdiri atas 18 bab dan 19 pasal.

“Materi ini sudah dipersiapkan serius, oleh satu tim yang betul-betul bisa memahami visi dan misi gubernur,” pungkas Gubernur Koster. (KI4)

Check Also

Dinas Pemajuan Desa Adat Siap Mendukung Polda Bali Wujudkan Situasi Kondusif

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Tradisi silaturahmi yang dilakukan Polda Bali dalam rangka mewujudkan situasi yang aman …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *