Home / Politik / Gubernur NTB Dukung Perjuangan RUU Provinsi Bali
Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Sugawa Korry saat berdiskusi dengan Gubernur NTB Zulkieflimansyah. (istimewa)

Gubernur NTB Dukung Perjuangan RUU Provinsi Bali

Mataram (KitaIndonesia.Com) – Perjuangan DPRD dan Gubernur Bali untuk memuluskan RUU Provinsi Bali, terus mendapat dukungan dari banyak pihak. Dukungan di antaranya datang dari Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah.

Dukungan disampaikan Zulkieflimansyah, saat berdiskusi dengan Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali Dr I Nyoman Sugawa Korry, di Mataram, Senin (16/12/2019). Pada kesempatan tersebut, Sugawa Korry yang hadir untuk memenuhi undangan perayaan HUT ke-61 Provinsi NTB, menyempatkan diri berdiskusi dengan gubernur serta pimpinan DPRD Provinsi NTB terkait RUU Provinsi Bali.

“Kami sampaikan kepada gubernur dan pimpinan DPRD NTB bahwa saat ini UU Nomor 64 Tahun 1958 Tentang Provinsi Bali, NTB dan NTT, merupakan undang – undang-undang yang tergabung menjadi satu, dengan landasan UUDS 1950,” jelas Sugawa Korry, usai diskusi tersebut.

Karena berlandaskan UUDS 1950, menurut dia, maka sudah sepatutnya UU Nomor 64 Tahun 1958 diubah. Apalagi undang-undang ini mengatur tiga daerah sekaligus.

“Juga belum ada kearifan lokal yang termuat dlm batang tubuh UU Nomor 64 Tahun 1958 dan belum sejalan dengan UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah maupun UU Otonomi Daerah,” kata Sugawa Korry, yang juga Sekretaris DPD I Partai Golkar Provinsi Bali.

Untuk itu, menurut dia, Bali mengambil prakarsa mengusulkan RUU Provinsi Bali. RUU ini sudah disampaikan dan direspon positif oleh Kemendagri, Kemenhumkam, Komisi II DPR RI dan DPD RI.

“Untuk itu, kami mohon dukungan dan support dari Provinsi NTB. Dan astungkara, Gubernur NTB merespon positif dan berharap nanti apa yang telah dilakukan Bali sukses dan berhasil, sehingga NTB bisa menyusul dan Pemprov NTB mendukung sepenuhnya,” tutur Sugawa Korry.

Khusus Ketua dan Pimpinan DPRD Provinsi NTB, dukungan terhadap perjuangan RUU Provinsi Bali justru sudah dilakukan sejak Rakernas Pimpinan DPRD di Lampung, belum lama ini. DPRD Provinsi NTB juga mendukung penuh perjuangan Bali terkait RUU Provinsi Bali ini. (KI4)

Check Also

Baliho Puan Mejeng di Berbagai Daerah, Pengamat: Untuk Persiapan Pilpres 2024

Jakarta (KitaIndonesia.Com) -Pemasangan baliho Puan Maharani di sejumlah daerah ditengarai sebagai persiapan menghadapi pemilihan presiden …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *