Home / Pemerintahan / Gubernur Bali Ajak Bupati dan Wali Kota Solid Bergerak
Gubernur dan Wakil Gubernur Bali serta Pimpinan DPRD Provinsi Bali saat Rapat Paripurna DPRD Provinsi Bali terkait peringatan Hari Jadi Provinsi Bali. (humas dprd bali)

Gubernur Bali Ajak Bupati dan Wali Kota Solid Bergerak

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Gubernur Bali Wayan Koster mengajak seluruh bupati dan wali kota di daerah itu untuk solid bergerak. Hal ini penting dalam mewujudkan Bali Era Baru sesuai Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, untuk kesejahteraan dan kebahagiaan Krama Bali secara niskala dan skala.

Ajakan tersebut disampaikan Koster dalam Pidato Peringatan Hari Jadi Ke-62 Provinsi Bali dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi Bali, Jumat (14/8/2020). Ia juga mengajak bupati dan wali kota se-Bali menghilangkan egoisme sektoral dan wilayah dalam membangun.

“Saya mengajak bupati/ wali kota se-Bali, sameton sareng sami, Krama Bali, marilah bersama-sama solid bergerak, ‘Kerja Fokus, Tulus, dan Lurus’ guna mewujudkan Bali Era Baru sesuai visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, untuk kesejahteraan dan kebahagiaan Krama Bali secara niskala dan skala,” ucapnya.

“Saya juga mengajak bupati/ wali kota se-Bali, untuk bersama-sama membangun Bali dalam satu kesatuan wilayah, satu pulau, satu pola, dan satu tata kelola; dengan menghilangkan egoisme sektoral dan egoisme wilayah. Kita harus bersatu padu, bersinergi dengan seluruh komponen Krama Bali untuk nindihin gumi Bali,” imbuh Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali itu.

Terkait masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, Koster mengajak seluruh masyarakat agar bersama-sama saling mengingatkan, saling menjaga, dan saling melindungi. Masyarakat diharapkan secara disiplin dan penuh rasa tanggung jawab melaksanakan protokol tatanan kehidupan era baru sesuai Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 3355 Tahun 2020, yaitu selalu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“Astungkara, Hyang Widhi Wasa selalu memberi anugerah yang terbaik bagi kita agar pandemi Covid-19 segera berlalu, sehingga upaya pemulihan perekonomian masyarakat Bali dapat berjalan dengan lancar dan sukses sesuai tahapan yang telah direncanakan,” tutur Koster.

Dalam pidatonya pada kesempatan tersebut, Koster memaparkan capaian pemerintah Provinsi Bali selama dua tahun belakangan ini. Selain telah menerbitkan 40 peraturan sebagai fondasi dalam mewujudkan Bali Era Baru, Koster juga membeberkan beberapa capaian program, baik terkait alam, budaya dan Krama Bali.

Berkaitan dengan alam Bali, yakni terkait pembatasan timbulan sampah plastik sekali pakai. Adapun berkaitan dengan Krama Bali, berupa Jaminan Kesehatan Krama Bali Sejahtera; penyelenggaraan Bulan Bung Karno; pemanfaatan dan pemasaran produk pertanian, perikanan, dan industri lokal Bali; tata kelola minuman destilasi arak Bali; hingga penyelenggaraan kesehatan tradisional Bali.

“Berkaitan dengan kebudayaan Bali, yaitu penggunaan aksara dan bahasa Bali; penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali; penggunaan busana adat Bali; penyelenggaraan Festival Seni Bali Jani; fasilitasi perolehan Hak Kekayaan Intelektual (HKI),” urainya.

Selanjutnya, Koster juga menyebut beberapa capaian berkaitan dengan infrastruktur. Seperti pembangunan ruas jalan singkat (short cut) Singaraja – Mengwitani; pembangunan pelabuhan segitiga emas Sanur, Nusa Penida, dan Nusa Ceningan; percepatan pembangunan Bendungan Sidan di Kabupaten Badung dan Bendungan Tamblang di Kabupaten Buleleng; pembangunan Pasar Sukawati; pembangunan sungai buatan normalisasi Tukad Unda; penataan dan pengembangan Pelabuhan Benoa, serta pembangunan 4 (empat) SMA/SMK Negeri baru.

“Selain itu, sudah diselesaikan desain Program Pelindungan Kawasan Suci Besakih dan desain Pusat Kebudayaan Bali. Program tersebut didanai dari APBD Provinsi Bali dan APBN,” jelas Koster. (KI-01)

Check Also

Pembangunan Pelabuhan Penyeberangan Laut Sanur Resmi Dimulai

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Proyek pengembangan infrastruktur Pelabuhan Penyeberangan Laut Sanur, Kota Denpasar, secara resmi dimulai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *