Home / Politik / Golkar Usung Mas-Sukarena di Karangasem dan Subrata-Parwatha di Bangli
IGA Mas Sumatri yang juga Bupati Karangasem, saat mengajukan lamaran sebagai bakal calon bupati Karangasem ke DPD Partai Golkar Provinsi Bali. (kitaindonesia.com/m susanto)

Golkar Usung Mas-Sukarena di Karangasem dan Subrata-Parwatha di Bangli

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Jelang Pilkada Serentak 2020, DPP Partai Golkar sudah menerbitkan surat penetapan sementara bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan diusung di beberapa daerah.

Untuk Pilkada Karangasem 2020 misalnya, DPP Partai Golkar menetapkan nama I Gusti Ayu Mas Sumatri – Made Sukarena (Mas-Sukarena) sebagai bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati. Penetapan keduanya tertuang dalam SK DPP Partai Golkar Nomor B-218/ Golkar/ III/ 2020.

Adapun untuk Pilkada Bangli 2020, DPP Partai Golkar merekomendasikan nama Made Subrata – Ngakan Kuta Parwatha (Subrata-Parwatha). Penetapan Subrata-Parwatha tertuang dalam SK DPP Partai Golkar Nomor B-221/ Golkar/ III/ 2020.

Kedua SK tersebut diserahkan oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar yang diwakili oleh Ketua Korwil Pemenangan Bali, NTB dan NTT DPP Partai Golkar Gde Sumarjaya Linggih didampingi anggota Korwil Bali, NTB dan NTT DPP Partai Golkar Putu Yudha Suparsana. Kedua SK dimaksud diserahkan kepada Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali Dr I Nyoman Sugawa Korry yang didampingi Sekretaris Dr Made Dauh Wijana, di Denpasar, Senin (23/3/2020) lalu.

Made Subrata saat mengajukan lamaran sebagai bakal calon bupati Bangli ke DPD Partai Golkar Provinsi Bali. (kitaindonesia.com/m susanto)

Dalam arahannya, Gde Sumarjaya Linggih menyampaikan pesan agar SK yang ada dapat dijadikan pegangan untuk meningkatkan sosialisasi dalam rangka mendorong peningkatan elektabilitas kedua pasangan calon tersebut.

Soal judul ‘penetapan sementara’ calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dengan syarat dan penugasan, mantan Plt Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali ini menjelaskan, hal tersebut dilakukan karena masih dilaksanakan proses administrasi sesuai Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) DPP Partai Golkar Nomor 02.

“Selain itu, harus dipenuhinya kerja sama dan koalisi, khususnya antara Partai Golkar dan Partai NasDem,” jelas Sumarjaya Linggih.

Partai Golkar, menurut dia, berharap bisa berkoalisi dengan Partai NasDem dalam Pilkada Serentak di enam kabupaten dan kota di Provinsi Bali. Bagi Partai Golkar, keputusan ini sudah mendekati 90 persen. Kecuali tidak terpenuhinya kewajiban tersebut dan juga terkecuali ada masalah-masalah khusus, seperti masalah hukum.

“Surat Keputusan ini sudah bisa dijadikan pegangan untuk calon-calon dalam rangka sosialisasi dan menggalang koalisi yang lebih besar, sampai dengan nantinya pendaftaran resmi pasangan calon di KPUD,” ujar Sumarjaya Linggih.

Sumarjaya kemudian meminta Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali Dr I Nyoman Sugawa Korry, menyerahkan SK dimaksud kepada masing-masing bakal pasangan calon.

Ketua Korwil Pemenangan Bali, NTB dan NTT DPP Partai Golkar Gde Sumarjaya Linggih bersama Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali Nyoman Sugawa Korry. (istimewa)

Adapun Sugawa Korry berharap, kedua bakal pasangan calon ini bisa merebut simpati masyarakat di masing-masing kabupaten dengan mengikuti mekanisme yang ada, termasuk menghormati kebijakan pemerintah terkait upaya penanggulangan Covid-19.

“Kami berkeyakinan, dengan diterbitkannya Surat Keputusan ini, motivasi kedua pasangan calon akan semakin tinggi, respons masyarakat akan semakin menguat, dan Astungkara elektibilitas semakin kuat. Sehingga pada saatnya, akan memenangkan Pilkada Kabupaten Karangasem dan Bangli,” harapnya.

“Berikan edukasi yang positif di tengah – tengah keprihatinan masyarakat menghadapi Covid-19 dan laksanakan politik yang santun dan berbudaya. Kami DPD Partai Golkar Provinsi Bali, DPD Partai Golkar Kabupaten sampai dengan kader di tingkat desa akan bersatu-padu memberikan dukungan. Demikian juga di tingkat provinsi, kami akan terus melakukan komunikasi politik dengan parpol-parpol lainnya,” pungkas Sugawa Korry, yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali. (KI4)

Check Also

Baliho Puan Mejeng di Berbagai Daerah, Pengamat: Untuk Persiapan Pilpres 2024

Jakarta (KitaIndonesia.Com) -Pemasangan baliho Puan Maharani di sejumlah daerah ditengarai sebagai persiapan menghadapi pemilihan presiden …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *