Home / Politik / Golkar Pilih Mantan Kader, Rofinus Rahmat: Kami Siap Amankan Keputusan Partai!
(Searah jarum jam) Ketua DPD Partai Golkar Provinsi NTT Emanuel Melkiades Laka Lena, Bakal Calon Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, dan Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Manggarai Barat Rofinus Rahmat. (istimewa)

Golkar Pilih Mantan Kader, Rofinus Rahmat: Kami Siap Amankan Keputusan Partai!

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Manuver panjang kader Partai Golkar jelang Pilkada Manggarai Barat 2020, seperti Mateus Hamsi hingga Blasius Jeramun, berakhir dengan patah hati. Maklum, keduanya justru tidak mendapatkan kesempatan untuk duduk di “pelaminan” pada tanggal 9 Desember mendatang.

Mateus Hamsi, mantan Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Manggarai Barat, yang berpasangan dengan kader senior PKB Tobias Wanus (keduanya menamakan diri Paket HATI), bahkan sejak awal berjuang agar keduanya direstui pimpinan partai di Jakarta, baik DPP Partai Golkar maupun DPP PKB.

Adapun Blasius Jeramun, sempat masuk dalam daftar opsi “kawin paksa” dengan petahana Maria Geong. Opsi ini muncul ketika Partai Golkar sempat bermanuver untuk berkoalisi dengan PDIP pada Pilkada Manggarai Barat 2020.

Sayangnya, baik Mateus Hamsi maupun Blasius Jeramun, pada akhirnya justru ‘gigit jari’. Sebab DPP Partai Golkar melalui Tim Pilkada, lebih memilih memberikan rekomendasi kepada Edistasius Endi – Yulianus Weng (Edi – Weng), sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati Manggarai Barat.

Edi Endi, sapaan akrab Edistasius Endi, memang bukan wajah baru di internal partai berlambang pohon beringin itu. Sebelum duduk sebagai Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Manggarai Barat, Edi Endi merupakan kader Partai Golkar.

Ia bahkan duduk sebagai anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Manggarai Barat periode 2014-2019. Namun, Edi Endi didepak oleh Partai Golkar, lantaran yang bersangkutan sempat terlibat kasus hukum.

Kini, mantan kader “Beringin” yang saat ini duduk sebagai Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat itu justru yang mendapat kepercayaan dari DPP Partai Golkar untuk merebut kursi Manggarai Barat 1.

Dokter Weng Akan Jadi Pengurus Golkar

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Provinsi NTT Emanuel Melkiades Laka Lena saat dikonfirmasi kitaindonesia.com, Rabu (2/9/2020), menegaskan bahwa mengusung pasangan Edistasius Endi – Yulianus Weng merupakan keputusan terbaik di tengah dinamika politik saat ini.

“Hasil survei juga bagus dan potensi menang tinggi,” kata Melki Laka Lena, terkait alasan mengusung duet Edi – Weng.

“Setelah mundur dari ASN, Dokter Weng masuk Golkar dan jadi pengurus Golkar,” imbuhnya, seakan mempertegas deal politik di balik keputusan DPP Partai Golkar ini.

Soal adanya perbedaan pendapat di internal Partai Golkar Manggarai Barat terkait keputusan ini, Melki Laka Lena menegaskan, hal tersebut akan dibicarakan secara terbuka.

“Terutama mengenai proses sampai hasil yang dicapai, sehingga kader dan simpatisan paham. Butuh dialog dan Partai Golkar terbiasa melalui situasi seperti ini dan diselesaikan dengan baik.

Siap Amankan Keputusan Partai

Secara terpisah Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Manggarai Barat Rofinus Rahmat, menyambut baik keputusan DPP Partai Golkar mengusung pasangan Edi – Weng pada Pilkada Manggarai Barat 2020. Pihaknya berkomitmen untuk mengamankan keputusan tersebut.

“Pada prinsipnya kami di DPD II Golkar Manggarai Barat, siap menjalankan dan mengamankan keputusan DPP Partai Golkar,” ujar Rofinus Rahmat.

Ia berpandangan, keputusan DPP Partai Golkar untuk merekomendasikan pasangan Edi-Weng tentu sudah melalui kajian dan berbagai pertimbangan matang.

“Tentunya keputusan yang diberikan oleh DPP ini adalah keputusan yg ideal dengan mencermati segala aspek situasi dan kondisi sampai ke tingkat peluang memenangkan Pilkada,” pungkas Rofinus Rahmat. (KI-21)

Check Also

Usung 7 Program Prioritas, Togar Situmorang Optimistis Menang di Pilgub DKI Jakarta

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Jadwal Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta, belum ketok palu. Sementara masa jabatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *