Home / Politik / Golkar Bali Siapkan Kekuatan Jelang Pilkada 2020, Rangkul Empat Parpol
Pimpinan lima partai politik di Bali usai pertemuan di Kantor DPD Partai Golkar Provinsi Bali. (istimewa)

Golkar Bali Siapkan Kekuatan Jelang Pilkada 2020, Rangkul Empat Parpol

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Pilkada Serentak 2020, termasuk enam kabupaten dan kota di Bali, sudah di depan mata. Namun sejauh ini, belum ada kepastian terkait nama-nama pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan diusung.

Kondisi ini mendapat perhatian serius dari DPD Partai Golkar Provinsi Bali. Apalagi ada kecenderungan di beberapa daerah, di mana akan ada calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan bertarung melawan kotak kosong.

Bagi Partai Golkar Bali, munculnya pasangan calon tunggal dalam Pilkada tentu merupakan langkah mundur bagi demokrasi. Karena itu, perlu diambil langkah – langkah strategis guna membangun kekuatan sehingga tak ada pertarungan melawan kotak kosong.

Langkah strategis yang diambil Partai Golkar Bali, di antaranya dengan menjajaki koalisi dengan empat partai politik lainnya guna menghadapi Pilkada di enam kabupaten dan kota di Bali. Keempat partai yang akan digandeng ‘Beringin’ untuk berkoalisi, masing-masing adalah Partai NasDem, Partai Demokrat, Partai Hanura dan PSI.

Para pimpinan keempat parpol ini bahkan langsung diundang dalam pertemuan yang digagas Partai Golkar, di Kantor DPD Partai Golkar Provinsi Bali, Jalan Surapati Denpasar, Jumat (13/3/2020). Pertemuan dipimpin langsung oleh Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali Dr I Nyoman Sugawa Korry.

Pertemuan dihadiri Sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi Bali I Wayan Adnyana, Sekretaris DPW Partai NasDem Provinsi Bali Ni Luh Putu Nopi Seri Jayanti, Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Bali I Kadek ‘Lolak’ Arimbawa, Sekretaris DPD Partai Hanura Provinsi Bali Gede Wirajaya Wisna, Korda Bali DPP Partai Hanura Wayan Adnyana, serta Wakil Ketua DPW PSI Provinsi Bali Cokorda Gede Ngurah Dwi Satria Wibawa.

“Kami membangun komunikasi dengan empat parpol ini untuk berkoalisi pada Pilkada Serentak di Bali,” papar Sugawa Korry, kepada wartawan usai pertemuan tersebut.

Politikus asal Buleleng ini menjelaskan, Partai Golkar ingin mengambil inisiatif mengadakan pertemuan tersebut dalam rangka pembentukan koalisi menghadapi Pilkada Serentak di enam kabupaten/ kota di Bali, September 2020 mendatang. Harapannya, dalam waktu dekat atau paling tidak sebelum batas waktu pendaftaran bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di KPU, sudah ada kepastian koalisi dan kejelasan nama-nama bakal calon yang disepakati koalisi untuk diusung.

“Semua pimpinan parpol yang hadir menyambut baik inisiatif dari Partai Golkar dalam mewujudkan demokrasi yang indah, damai, dalam Pilkada Serentak,” jelas Sugawa Korry.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali ini menambahkan, Partai Golkar dan empat parpol ini tidak ingin ada bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang melawan kotak kosong di enam kabupaten/ kota di Bali yang menggelar Pilkada Serentak. Karena itu, jika koalisi ini terbentuk, maka mereka akan menghadirkan calon pemimpin terbaik di masing-masing daerah.

Jadi apakah kelima parpol ini sudah pasti akan berkoalisi dan mengusung pasangan calon? “Sudah ada komitmen mengarah ke sana. Namun perlu mekanisme internal lebih lanjut di masing-masing parpol, khususnya di tingkat kabupaten dan kota. Sekarang ini kan baru penjajagan koalisi di provinsi. Astungkara, kalau sepakat koalisi, kami akan solid,” tandas Sugawa Korry.

Sementara itu Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Bali I Kadek Arimbawa alias Lolak, menyambut baik inisiatif Partai Partai Golkar ini. “Tentu ini awal yang baik untuk penjajagan koalisi,” kata Lolak, yang pernah menjadi anggota DPD RI dua periode ini.

Hal senada disampaikan Sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi Bali I Wayan Adnyana. “Inisiator dari parpol yang paling besar di antara kami, yakni Partai Golkar. Semua merasa tidak pede karena partai kecil. Makanya digelar di Golkar,” ujar Adnyana, yang juga mantan anggota DPRD Provinsi Bali dua periode ini. (KI4)

Check Also

Usung 7 Program Prioritas, Togar Situmorang Optimistis Menang di Pilgub DKI Jakarta

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Jadwal Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta, belum ketok palu. Sementara masa jabatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *