Home / Peristiwa / Nasional / Gerakan Menanam Bersama Napi, Parta: Ini Tindakan ‘Memanusiakan’
Anggota Komisi VI DPR RI I Nyoman Parta (kanan), saat menghadiri kegiatan menanam bersama para narapidana. (istimewa)

Gerakan Menanam Bersama Napi, Parta: Ini Tindakan ‘Memanusiakan’

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Kalapas  Buleleng berkolaborasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng dan Komunitas Lingkungan E-Darling serta Bersih Bersih Bali, menggelar kegiatan menanam bersama para narapidana (Napi) binaan Lapas Buleleng. Gerakan ini mendapat apresiasi dari anggota Komisi VI DPR RI, I Nyoman Parta.

“Menanam bersama para narapidana bukan saja ide yang baik, tapi juga sangat manusiawi. Ini konsep pemasyarakatan yang benar, menyiapkan keterampilan untuk para narapidana sebelum bebas dan kembali ke tengah-tengah masyarakat,” kata Parta, kepada kitaindonesia.com di Denpasar, usai mengambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Dalam gerakan menanam dan optimalisasi lahan ini, demikian wakil rakyat asal Gianyar, Bali ini, para narapidana diajarkan bertani, memelihara ikan, hingga membuat pupuk organik. Para narapidana juga diajarkan membudidayakan Azolla untuk makanan ikan.

BACA JUGA:   Polri Siap Tangani Kejahatan Potensial Selama PSBB

Anggota Fraksi PDIP DPR RI ini pun berharap agar gerakan ini diikuti oleh Lapas lainnya di Indonesia. Gerakan ini sangat ideal dalam membina para narapidana sebelum kembali ke tengah – tengah masyarakat.

“Gerakan ini rasanya sangat layak dilaksanakan di Lapas lainnya di seluruh Indonesia, khususnya Lapas di Bali. Ini tindakan ‘memanusiakan’. Saya sungguh memberikan apresiasi, dan saya akan datang lagi,” pungkas Nyoman Parta. (KI-01)

Check Also

Pariwisata Rentan, Nurdin Halid: Ubah Pendekatan Pembangunan Bali

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar HA Nurdin Halid, mengatakan, Bali merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *