Home / Peristiwa / Nasional / Gerakan Bersih Hingga Pameran Digelar Jelang Tahbisan Uskup Ruteng
Uskup Ruteng terpilih Romo Siprianus Hormat, Pr, saat disambut secara adat Manggarai di Bandara Komodo Labuan Bajo. (kitaindonesia.com/m susanto)

Gerakan Bersih Hingga Pameran Digelar Jelang Tahbisan Uskup Ruteng

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Romo Siprianus Hormat, Pr, akan ditahbiskan sebagai Uskup Ruteng tanggal 19 Maret 2020 mendatang. Jelang pentahbisan tersebut, berbagai agenda telah disiapkan.

Sebagaimana dirilis Keuskupan Ruteng, Jumat (28/2/2020), ada beberapa agenda yang akan dilaksanakan sebagai rangkaian acara pentahbisan ini. Di antaranya, penjemputan Romo Siprianus di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, pada 28 Februari 2020. Selanjutnya, 29 Februari 2020, akan dilaksanakan penjemputan Romo Siprianus di Mena, Ruteng, Kabupaten Manggarai.

Pada setiap hari Jumat sepanjang bulan Februari hingga Maret, dilaksanakan Gerakan Bersih Kota. Kegiatan ini melibatkan semua komponen, baik ASN, mahasiswa, pelajar, komunitas orang muda dan lain-lain. Selanjutnya pada bulan Maret, dijadwalkan kegiatan penghijauan di Hutan Bangka Po’a, Poco Likang, Manggarai. Ada juga Gerakan Bersih seluruh Paroki di Kota Ruteng, pada 13 Maret.

Kemudian pada tanggal 15-19 Maret, akan dilaksanakan pameran karya pastoral, produk unggulan di paroki atau kelompok dampingan LSM, biara, dan lainnya.

Adapun tanggal 16-18 Maret, dilaksanakan Triduum di Gereja St Yosef Ruteng. Pada tanggal 18 Maret, dilakukan penyambutan tamu serta Vesper Agung dan Pemberkatan Perlengkapan Liturgis Uskup Baru.

Puncak acara adalah tanggal 19 Maret, berupa perayaan tahbisan di Gereja Katedral Ruteng yang dilanjutkan dengan resepsi dan makan malam bersama Pemkab Manggarai serta penutupan pameran dan malam musik sukacita umat.

Setelah pentahbisan, beberapa agenda sudah disiapkan. Seperti syukuran keluarga di Paroki Ri’i tanggal 23-25 Maret; karya sosial berupa operasi katarak di BLUD Ben Mboi Ruteng tanggal 28 April-3 Mei; kunjungan ke Panti Asuhan Kevikepan Ruteng tanggal 20-21 April; kunjungan ke Panti Asuhan Kevikepan Labuan Bajo tanggal 22-23 April; kunjungan ke Panti Asuhan Kevikepan Borong tanggal 27-28 April; serta kunjungan ke Panti Asuhan Kevikepan Reo tanggal 29-30 April.

Diketahui, Romo Siprianus telah tiba di Bandara Komodo Labuan Bajo, Jumat (28/2/2020) sore. Kehadiran Romo Siprianus dan rombongan disambut langsung oleh Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula yang didampingi jajaran Forkopimda Kabupaten Manggarai Barat serta Uskup Emeritus Mgr Mikael Angkur, OFM, dan Vikep Labuan Bajo Keuskupan Ruteng Romo Rikardus Manggu, Pr. Penyambutan Romo Siprianus dilakukan secara adat Manggarai. (KI4/KI21)

Check Also

Presiden Jokowi Rayakan Ultah Ke-60, Togar Situmorang: Pemimpin Amanah, Indonesia Pasti Cepat Pulih

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merayakan ulang tahun yang ke-60, Senin 21 Juni …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *