Home / Nusantara / “Gempita Makan Ikan” Sukses, HIPAKAD Akan Gelar Even Lebih Besar Lagi
Dewan Penasehat HIPAKAD Kota Denpasar Togar Situmorang, SH, MH, MAP, bersama Wakil Bupati Jembrana Made Kembang Hartawan di sela-sela acara Gempita Makan Ikan. (istimewa)

“Gempita Makan Ikan” Sukses, HIPAKAD Akan Gelar Even Lebih Besar Lagi

Jembrana (KitaIndonesia.Com) – Perkumpulan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) Kota Denpasar sukses menyelenggarakan acara “Gempita Makan Ikan”, di Lapangan Politeknik Kelautan dan Perikanan Desa Pengambengan, Kabupaten Jembrana, Bali, Minggu (26/1/2020).

Acara ini berlangsung semarak dengan kehadiran sekitar 5.000 orang masyarakat Jembrana. Mereka tumpah ruah dan berbondong-bondong ikut makan ikan bersama Dewan Pelindung HIPAKAD Kota Denpasar Togar Situmorang, SH, MH, MAP, Ketua HIPAKAD Kota Denpasar Tonny Kushartanto, Wakil Bupati Jembrana Made Kembang Hartawan, perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dandim 1611/ Badung, Dandim 1617/ Jembrana, Kapolres Jembrana, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Bali serta para undangan lainnya.

Ketua HIPAKAD Kota Denpasar Tonny Kushartanto, mengaku sangat bangga dengan antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan ini. Menurut dia, Gempita Makan Ikan di Desa Pengambengan ini merupakan acara sensasional yang mengangkat motto “Melalui Jembrana Bali Ayo Makan Ikan Ciptakan Masyarakat Cerdas Demi Kemajuan NKRI”.

“Acara ini sangat penting untuk membangun kesadaran masyarakat gemar makan ikan. Sebab, makan ikan mencerdaskan masyarakat,” tutur Tonny Kushartanto.

“Tahun depan, kami akan buat acara lebih besar lagi. Semoga bisa menjadi motivasi bagi masyarakat Bali dan Jembrana membuat even lain untuk kepentingan Bali demi pariwisata,” imbuhnya.

Inspirasi Mengangkat Destinasi Wisata di Jembrana

Sementara itu Dewan Penasehat HIPAKAD Kota Denpasar Togar Situmorang, SH, MH, MAP, berharap acara Gempita Makan Ikan yang disambut antusias ribuan warga Jembrana ini juga bisa menjadi motivasi dan inspirasi mengangkat destinasi wisata baru di Jembrana. Salah satunya, yang berkaitan dengan olahan ikan. Ini penting, sehingga perekonomian masyarakat bisa makin menggeliat.

“Kami harapkan Jembrana bisa berkembang menjadi destinasi wisata makan ikan yang bagus di Bali,” kata Togar Situmorang, advokat yang menerima penghargaan Indonesia Most Leading Award 2019 dan terpilih sebagai The Most Leading Lawyer In Satisfactory Performance Of The Year ini.

Advokat senior yang masuk daftar 100 Advokat Hebat versi Majalah Property&Bank serta Indonesia 50 Best Lawyer Award 2019 ini pun mengajak masyarakat Jembrana agar makin gemar makan ikan.

“Gemar makan ikan maka akan semakin sehat dan cerdas,” tandas Founder dan CEO Law Firm Togar Situmorang & Associates yang beralamat di Jalan Tukad Citarum Nomor 5A Renon, Denpasar (pusat) dan Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 22 Kesiman, Denpasar (cabang) ini.

BACA JUGA:   Hari Disabilitas Internasional, Togar Situmorang: Jangan Ada Diskriminasi

Pemerintah Apresiasi Inisiatif HIPAKAD

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Pemerintah Provinsi Bali Ir I Made Sudarsana, MSi, menyambut positif kegiatan HIPAKAD yang menggelorakan gemar makan ikan ini. Apalagi, kegiatan tersebut juga mendukung progam pemerintah dalam rangka mencerdaskan, menyehatkan dan menguatkan masyarakat lewat gerakan gemar makan ikan.

Saat ini, menurut dia, kondisi masyarakat Bali kurang makan ikan, yakni hanya 38,8 kg per kapita per tahun. Jumlah ini masih jauh di bawah rata-rata nasional yang ada pada kisaran 45 kg per kapita per tahun.

“Kami terus sosialisasikan kepada masyarakat agar lebih suka makan ikan. Dukungan Bang Togar bersama HIPAKAD juga luar biasa lewat acara Gempita Makan Ikan ini,” kata Sudarsana.

Sementara itu Perbekel Desa Pengambengan Kamaruzzaman, juga mengapresiasi inisiatif HIPAKAD menggelar acara Gempita Makan Ikan ini. Ia berharap kegiatan ini sekaligus bisa memperkuat persatuan masyarakat di Jembrana.

“Ini kegiatan pertama kali di Provinsi Bali, khususnya juga di Desa Pengambengan sebagai tempat maka ikan terbesar di Bali. Kami berharap ada destinasi wisata baru di Desa Pengambengan,” ucapnya.

Perbekel berharap, kegiatan ini bisa diselenggarakan kembali di tahun-tahun berikutnya. Bahkan jika bisa, kegiatan digelar dengan skala kegiatan yang lebih besar.

Wakil Bupati Berharap Konsumsi Ikan Meningkat

Sedangkan Wakil Bupati Jembrana Made Kembang Hartawan, dalam sambutannya mengaku sangat bangga Desa Pengambengan dijadikan tuan rumah acara makan ikan bersama ini.

“Kami ucapkan terima kasih kepada HIPAKAD yang memilih Jembrana sebagai tempat berlangsungnya acara Gempita Makan Ikan,” tutur Kembang Hartawan.

Dengan acara ini, Kembang Hartawan berharap konsumsi ikan masyarakat dapat meningkat. Sebab konsumsi ikan di Bali, khususnya di Jembrana, masih di bawah rata-rata nasional.

“Kalau ingin generasi kuat dan hebat serta cerdas maka harus rajin dan gemar makan ikan. Mari juga kita dukung nelayan dengan gemar makan ikan,” pungkas Kembang Hartawan. (KI4)

Check Also

Gubernur Sampaikan Tiga Ranperda ke DPRD Bali

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan tiga buah Ranperda (Rancangan Peraturan Daerah) dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *