Home / Peristiwa / Gempa Magnitudo 4,9 Kembali Guncang Selatan Bali pada Senin Sore
Ilustrasi

Gempa Magnitudo 4,9 Kembali Guncang Selatan Bali pada Senin Sore

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 kembali mengguncang wilayah Selatan Bali pada Senin (12/08/2019) sore. Grmpa terjadi pada pukul 16.31 Wita.
Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Drs.M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS salam siaran persnya mengatakan gempa terasa hingga ke Jember, Jawa Timur. Pusat gempa sendiri berada pada koordinat 9,65 LS dan 113,96 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 161 km barat daya Jembrana, pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia,” kata Taufik.

Selain itu, gempa tersebut tidak berpotensi sunami. Dalam siaran persnya Taufik juga mengingatkan publik agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.
“Periksa untuk pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan,” Ucap Taufik.

Check Also

Cipta Karya Lagu 2020 Ajang Kreatifitas dan Ekonomi Kreatif Tabanan

Gelar Cipta Kaya Lagu 2020 yang diselenggarakan oleh Rumah Kreatif Komunitas Musik Tabanan Bersatu telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *