Home / Kesehatan / Gelar Donor Darah, Ini Alasan Pertiwi Indonesia Bali

Gelar Donor Darah, Ini Alasan Pertiwi Indonesia Bali

DENPASAR (KitaIndonesia.Com) – Pandemi Covid-19 berimbas dengan turunnya stok darah di PMI Provinsi Bali. Kondisi ini membuat organisasi perempuan Pertiwi Indonesia Bali tergerak dengan melakukan donor darah.

“Kegiatan sosial donor darah ini didukung oleh PMI Bali dan BPR Lestari,” tutur Ketua DPD Pertiwi Indonesia Bali Ir. Hannah Marisa F Siregar, Sabtu (6/2/2021) di Denpasar.

Donor darah diikuti kurang lebih 50 orang. Selain anggota Pertiwi Indonesia Bali dan karyawan BPR Lestari, donor juga diikuti masyarakat umum.

“Peserta donor kami batasi karena tidak ingin melanggar protokol kesehatan. Saat donor juga kami bagi menjadi beberapa kloter untuk menghindari kerumunan,” tuturnya.

Hannah dalam kesempatan itu lantas meminta kepada masyarakat untuk tidak takut melakukan kegiatan donor darah meski tengah pandemi Covid-19.

“Jika ada yang bilang bahwa donor darah nanti bisa terkena Covid-19 itu salah, justru sekarang kita semua harus bergandengan tangan, bahu membahu menolong sesama karena dengan ini kita bisa membantu menyelamatkan nyawa orang lain,” ujarnya.

Kepala UTD PMI Propinsi Bali dr. I Gede Wiryana Patra Jaya menyatakan jika stok darah per Januari 2021 hanya 2.400 kantong. Padahal kebutuhannya mencapai 3.000 kantong.

“Setiap hari kami harus menyiapkan 120 sampai 150 kantong darah. Namun dengan kondisi tersebut pemenuhan kebutuhan darah baru sekitar 76 persen,” jelasnya.

Menurutnya, darah yang jumlah pendonornya sedikit adalah darah gol AB dan darah rhesus negatif.

Di tempat yang sama Kepala BPR Lestari Cabang Renon Dewi Dewi Yuniati menyatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan sosial donor darah yang dilakukan Pertiwi Indonesia Bali.

“Kami sangat mengapresiasi donor darah ini, semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan dilakukan secara berkelanjutan,” ucapnya. (*)

Check Also

7 Dokter Reaktif, RSD Aeramo Nagekeo Tutup Pelayanan Kandungan dan Anak

Nagekeo (KitaIndonesia.Com) – Sebanyak 7 orang dokter di Rumah Sakit Daerah Aeramo, Kota Mbay, kabupaten …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *