Home / Pendidikan / Gebyar Menara Vokasi: Pertebal Kemitraan Pentahelix, Perkuat Pendidikan Vokasi
Penandatanganan MoU dan MoA program Gebyar Menara Vokasi 2021 oleh Pemimpin Redaksi kitaindonesia.com, Marianus Susanto Edison, dan Kepala SMK Sadar Wisata Ruteng, Wilhelmus Bastian. (istimewa)

Gebyar Menara Vokasi: Pertebal Kemitraan Pentahelix, Perkuat Pendidikan Vokasi

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Vokasi (Dirjen Diksi) Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menggelar Program Gebyar Menara Vokasi 2021, yang dipusatkan di Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa 7 Desember 2021.

Gebyar Vokasi 2021 diikuti secara langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi  Kemendikbud Ristek, Wikan Sakarinto, didampingi oleh Gubernur Sulawesi Tengggara, Ali Mazi, di Kolaka.

Adapun daerah lainnya, mengikuti rangkaian kegiatan ini secara daring, termasuk di Kampus Politeknik eLBajo Commodus, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang terpilih sebagai salah satu akselerator daerah program Gebyar Menara Vokasi.

Dalam arahannya, Wikan Sakarinto mengingatkan bahwa kegiatan ini bukan seremonial belaka. Menurut dia, Gebyar Menara Vokasi sengaja digelar dalam rangka mempertebal kemitraan pentahelix guna memperkuat pendidikan vokasi.

“Gebyar Menara Vokasi 2021 ini bukan seremonial belaka. Ini sudah diinisiasi sejak tahun lalu dalam rangka meningkatkan kemitraan penthahelix guna mendukung dan memperkuat pengembangan pendidikan vokasi,” ujar Wikan Sakarinto.

Adapun puncak Gebyar Menara Vokasi kali ini adalah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoU) serentak bersama pemerintah daerah, dunia usaha dan dunia industri, media massa, serta sekolah dan perguruan tinggi vokasi.

Penandatanganan MoU dan MoA di antaranya dilakukan oleh Pemimpin Redaksi kitaindonesia.com, Marianus Susanto Edison, dan Kepala SMK Sadar Wisata Ruteng, Wilhelmus Bastian.

Penandatanganan MoU dan MoA juga dilakukan lembaga mitra lainnya, disaksikan oleh Agus Susilohadi,
Koordinator Bidang Kemitraan dan Pemasaran, Direktorat Mitras DUDI, serta perwakilan pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

Sementara itu Plt Direktur Politeknik eLBajo Commodus, Andy Iwan Iswanto, SS, MPd, menyampaikan apresiasi atas terpilihnya Politeknik eLBajo Commodus terpilih sebagai salah satu akselerator daerah dari program Gebyar Menara Vokasi ini.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada lembaga mitra, baik pemerintah daerah, dunia usaha dan dunia industri, serta media massa, yang mendukung pelaksanaan program ini di Politeknik eLBajo Commodus.

Menurut Andy Iwan Iswanto, Gebyar Menara Vokasi penting dilaksanakan untuk menyosialisasikan kebijakan pendidikan vokasi, serta memfasilitasi kerja sama antara satuan pendidikan vokasi dengan dunia usaha dan dunia industri.

“Ini juga sebagai tindak lanjut FGD Perumusan Akselerator Daerah dan Peta Jalan Kemitraan Pentahelix serta pembentukan Komite Vokasi Daerah, yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu,” jelas Andy Iwan Iswanto. (KI/Itho Umar)

Check Also

Sukses Pertahankan Disertasi Obligasi Daerah, Togar Situmorang Raih Gelar Doktor

KitaIndonesia.Com – Tanggal 28 April 2022 menjadi hari yang istimewa bagi advokat Togar Situmorang, SH, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *