Home / Nusantara / Gawat! 175 Tenaga Kesehatan di RSUP Sanglah Jalani Isolasi
Direktur Utama RSUP Sanglah, dr I Wayan Sudana, MKes. (istimewa)

Gawat! 175 Tenaga Kesehatan di RSUP Sanglah Jalani Isolasi

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Penyebaran virus corona jenis baru atau Covid-19 di Indonesia, semakin mengerikan. Bahkan hingga tanggal 26 Maret 2020 Pukul 12.00 WIB, jumlah kasus positif Covid-19 mencapai 893 kasus, di mana 78 orang di antaranya dilaporkan meninggal dunia.

Di tengah semakin meningkatnya jumlah kasus virus corona ini, tenaga kesehatan menjadi sangat rentan. Maklum, mereka berada di garda terdepan dalam urusan penanganan orang dalam pemantauan (ODP), pasien dengan pengawasan (PDP), hingga positif Covid-19.

Dengan tugas yang berat ini, jika tidak dilengkapi dengan fasilitas pelindung diri yang memadai apalagi kontak langsung dengan mereka yang positif, maka tenaga kesehatan menjadi sangat rentang. Ini pula yang terjadi dengan 175 tenaga kesehatan RSUP Sanglah, Denpasar, yang kemudian berstatus ODP.

Sebelumnya, mereka pernah kontak dengan seorang dosen residen yang dinyatakan positif Covid-19. Mereka yang pernah kontak tersebut, terdiri dari tenaga perawat, dan sebagian besar residen.

Direktur Utama RSUP Sanglah, dr I Wayan Sudana, MKes, membenarkan hal ini saat dikonfirmasi wartawan. Menurut dia, ke-175 tenaga kesehatan tersebut saat ini menjalani isolasi di rumah masing-masing.

“Karena ODP, lalu mereka diisolasi di rumah masing-masing selama 14 hari,” jelasnya, Kamis (26/3/2020), seperti dilansir balipost.com.

“Meski mereka saat ini sedang diisolasi karena berstatus ODP, namun saat ini kondisi mereka sehat. Kami juga menjamin hal itu tidak menganggu operasional rumah sakit selama menangani kasus corona,” imbuh Wayan Sudana.

Pihak rumah sakit, lanjut dia, telah merekrut tenaga medis tambahan untuk jangka waktu tiga bulan ke depan.

“Dari pantauan, semuanya sehat-sehat saja. Saat ini masih tetap ada petugas dari berbagai jenis profesi yang bertugas,” ujar Wayan Sudana. (KI4)

Check Also

Ajak Masyarakat Vaksin dan Jaga Imun, Togar Situmorang: Jangan Remehkan Virus Corona!

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Hampir dua tahun dunia dirundung bencana wabah virus corona. Virus yang berasal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *