Home / Ekonomi / Gaduh Pemindahan Lokasi Dermaga Niaga, Bupati: Yang Penting Tetap di Utara
Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch Dula. (istimewa)

Gaduh Pemindahan Lokasi Dermaga Niaga, Bupati: Yang Penting Tetap di Utara

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Gaduh tentang kabar pemindahan lokasi pembangunan dermaga niaga dari Laboliang, Desa Bari, Kecamatan Macang Pacar, ke wilayah Rangko, Kecamatan Boleng, ditanggapi Bupati Manggarai Barat Drs Agustinus Ch Dula. Menurut bupati dua periode ini, tidak masalah jika lokasinya dipindah, sepanjang masih di sekitar wilayah utara Labuan Bajo.

“Saya singkat saja. Mumpung pemerintah pusat membiayai pembangunannya, setuju saja. Mengapa? Karena pemerintah ingin menata pariwisata premium. APBD II (kabupaten, red) jelas tidak bisa. Yang terpenting, tetap di bagian utara Labuan Bajo, sehingga sinergi dengan pembangunan jalan raya ke utara sampai perbatasan Kabupaten Manggarai,” kata Bupati Dula, kepada kitaindonesia.com, melalui pesan singkat, Senin (16/12/2019).

Ia berpandangan, ada dua keuntungan dalam hal ini, yakni pembangunan dermaga dan jalan raya (Pantura, red). Dampak positif lainnya, demikian Bupati Dula, transportasi bahan bakar minyak (BBM) yang selama ini dipasok dari Reo, Kabupaten Manggarai, bisa lebih cepat.

Soal rencana pembangunan Dermaga Laboliang justru sudah sampai pada tahapan pembebasan lahan, Bupati Dula menyebut, hal tersebut tidak menjadi masalah. Sebab bukan tidak mungkin, ke depan tetap akan dibangun dermaga di wilayah Bari.

“Pembebasan lahan (di Laboliang) karena mengantipasi bila dermaga dibangun di Bari. Tetapi bukan tidak mungkin, akan dibangun juga dermaga di Bari ke depannya,” pungkas Bupati Dula, yang juga Ketua DPD PAN Kabupaten Manggarai Barat itu.

Sebelumnya, Forum Peduli Pembangunan Dermaga Laboliang melakukan aksi protes ke Kantor Camat Macang Pacar. Mereka meminta pemerintah meluruskan kabar yang berkembang, bahwa pembangunan dermaga niaga dipindahkan dari Laboliang ke lokasi lainnya di Manggarai Barat.

Forum yang dipimpin mantan Ketua DPRD Kabupaten Manggarai, Stanislaus Kani, ini juga mendesak agar pembangunan dermaga niaga di Laboliang dilanjutkan sesuai rencana awal. Apalagi proses pembangunan dermaga tersebut sudah sampai pada tahapan pembebasan lahan. (KI4)

Check Also

Pemerintah Akan Hapus BBM Jenis Premium, Ketua DPD RI Minta Maksimalkan Sosialisasi

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Pemerintah berencana menghapus bahan bakar minyak (BBM) jenis premium yang mendapatkan subsidi. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *