Tim dari Posko WALHI Bali dan ForBALI mengantarkan langsung bantuan kepada korban erupsi Gunung Semeru. (istimewa)

ForBALI bersama WALHI Bali Antar Sumbangan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Erupsi Gunung Semeru pada 4 Desember 2021 lalu, memberikan dampak buruk bagi warga Lumajang, yang tinggal berdekatan dengan Gunung Semeru.

Tidak hanya rumah atau tempat tinggal yang terkubur lahar, erupsi juga merenggut korban jiwa. Kondisi ini mendapat perhatian seluruh masyarakat di Tanah Air, tak terkecuali WALHI Bali dan ForBALI.

Kedua lembaga ini bahkan membuka posko untuk menggalang donasi dan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru. Selain membuka posko, WALHI Bali berkolaborasi dengan seniman lukis, Apel Hendrawan, juga melakukan penggalangan dana dengan melelang 3 buah karya lukisan bertema “Energi Alam”.

Acara puncak lelang lukisan diadakan pada tanggal 17 Desember 2021 yang bertempat di Kroffe, yang menghasilkan dana sebesar Rp59 juta.

Selanjutnya, Jumat 7 Januari 2022, tim dari Posko WALHI Bali dan ForBALI mengantarkan langsung bantuan dalam bentuk barang yang dibeli dengan dana dari hasil lelang lukisan, juga sumbangan yang dikumpulkan di posko, kepada para korban erupsi di lokasi pengungsian di Lumajang, Jawa Timur, dengan menggunakan transportasi darat.

“Hasil dari lelang lukisan kolaborasi antara WALHI Bali dan seniman lukis, Apel Hendrawan, digunakan untuk belanjak kebutuhan bagi para pengungsi sesuai dengan informasi yang kita terima dari Posko Aliansi Pulih Semeru,” jelas Umbu Remu Sampati, Koordinator Posko Bersama WALHI Bali dan ForBALI.

“Barang-barang tersebut diantarkan bersamaan dengan hasil donasi, baik dalam bentuk barang dan uang yang terkumpul senilai Rp40.318.200. Jadi, pengiriman bantuan untuk penyintas ini hasil dari semua kegiatan penggalangan bantuan untuk korban erupsi Semeru yang selama ini dilakukan WALHI Bali dan ForBALI,” imbuhnya.

Sementara Itu I Made Juli Untung Pratama, SH, MKn, Direktur Eksekutif WALHI Bali, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Apel Hendrawan yang melelang tiga lukisan karyanya serta para donatur yang mempercayakan donasi melalui Posko ForBALI dan WALHI.

“Terima kasih kepada para donatur juga Jro Apel Hendrawan yang mempercayakan kami untuk menyalurkan donasinya kepada korban erupsi Gunung Semeru,” tuturnya.

“Donasi yang kita kumpulkan dan serahkan secara langsung ini adalah bentuk tali persaudaran kita kepada korban erupsi Semeru dan dukungan moral untuk segera bangkit dan pulih,” pungkas Untung Pratama. (KI-05)

Check Also

Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu, Demokrat Siap Bersinergi dengan Polda Bali

KitaIndonesia.Com – DPD Partai Demokrat Provinsi Bali menegaskan komitmennya untuk menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *