Home / Nusantara / Fakultas Peternakan dan Pariwisata Unud Janji Akan Beri Kuota Bagi Lulusan Asal Manggarai Barat
Foto bersama usai dialog antara Bupati Edi Endi dan rombongan serta Wakil Dekan I Fakultas Peternakan Unud Dr Dewi Ayu Warmadewi dan jajaran, di Kampus Unud Denpasar. (kitaindonesia/san edison)

Fakultas Peternakan dan Pariwisata Unud Janji Akan Beri Kuota Bagi Lulusan Asal Manggarai Barat

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Fakultas Peternakan serta Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (Unud) Bali siap memberikan kuota calon mahasiswa bagi lulusan asal Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal ini terungkap saat Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dan rombongan berkunjung ke Fakultas Peternakan dan Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (Unud) di Jalan PB Sudirman Denpasar, Minggu (21/3/2021) sore.

Dalam kunjungan tersebut Bupati Edi Endi didampingi Ketua DPRD Manggarai Barat Martinus Mitar dan sejumlah anggota dewan, pengusaha pariwisata H Feisol Hashim, serta jajaran Humas Pemkab Manggarai Barat.

“Tolong bantu kami. Supaya generasi muda kami, masyarakat kami, para petani di Manggarai Barat tidak menjadi penonton yang kalah,” kata Bupati Edi Endi, saat berdialog dengan Wakil Dekan I Fakultas Peternakan Unud Dr Dewi Ayu Warmadewi dan jajaran.

Ia pun berharap Fakultas Peternakan Unud dapat memberikan kuota khusus bagi calon mahasiswa asal Kabupaten Manggarai Barat. Harapannya, setelah menyelesaikan pendidikan di Unud, mereka bisa kembali ke daerah dan membangun sektor peternakan yang merupakan salah satu unggulan Kabupaten Manggarai Barat.

“Mohon diberikan kuota agar putra putri anak bangsa yang kebetulan berasal dari Manggarai Barat, dipermudah masuk Unud. Nanti ketika mereka selesai menempuh pendidikan, bisa membangun sektor peternakan di Manggarai Barat,” tutur Bupati Edi Endi.

Menanggapi hal ini, Wakil Dekan I Fakultas Peternakan Unud Dr Dewi Ayu Warmadewi menegaskan bahwa pihaknya siap bekerja sama dengan Pemkab Manggarai Barat.

Khusus terkait kuota mahasiswa, pihaknya berkomitmen untuk memberikan kesempatan yang seluasnya kepada lulusan SMA dari Manggarai Barat untuk kuliah di Fakultas Peternakan Unud.

“Kalau untuk jalur tulis, mungkin agak berat. Karena tergantung tingkat kecerdasan calon mahasiswa saat mengikuti tes tertulis. Namun kita bisa maksimalkan kuota melalui jalur undangan dan jalur mandiri,” jelas Dewi Ayu Warmadewi, yang didampingi Wakil Dekan II Dr Budi Rahayu Tanama Putri, Ketua Prodi S1 Dr Ni Wayan Siti, Ketua Prodi S2 Dr Made Nuriyasa, Ketua Prodi S3 Prof I Gusti Gede Nyoman Bidura, serta Koordinator Penelitian Fakultas Peternakan Unud Prof I Gede Mahardika.

Permintaan serupa juga disampaikan Bupati Edi Endi saat bertemu secara terpisah dengan Indonesia Director Tourism Confucius Institute Udayana University, I Made Sendra. Ia meminta agar Fakultas Pariwisata memberikan kuota khusus bagi calon mahasiswa dari Manggarai Barat.

Permintaan tersebut menyusul keinginan Bupati Edi Endi untuk memperkuat sumber daya manusia (SDM) generasi muda Manggarai Barat. Apalagi saat ini Manggarai Barat merupakan salah satu Bali Baru yang mendapat label daerah pariwisata super premium.

“Kita ingin memiliki SDM di bidang pariwisata yang handal. Karena itu kita memohon Universitas Udayana, khususnya Fakultas Pariwisata, agar memberikan kuota khusus bagi anak bangsa yang kebetulan berasal dari Manggarai Barat,” tutur Bupati Edi Endi.

Permintaan Bupati Edi Endi ini disambut positif oleh Indonesia Director Tourism Confucius Institute Udayana University, I Made Sendra. Ia berharap ada nota kesepahaman antara Pemkab Manggarai Barat dengan Universitas Udayana untuk memperkuat kerja sama ini.

“Kami sambut baik keinginan Bapak Bupati. Kami berharap akan ada MoU (Memorandum of Understanding) terkait hal ini antara Universitas Udayana dengan Pemkab Manggarai Barat,” kata Made Sendra. (KI-01)

Check Also

Enam Napi Rutan Negara Dipindahkan ke Lapas Karangasem

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Sebanyak enam narapidana (Napi) kasus pidana umum di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *