Home / Pendidikan / English Geek Tanggap Korona, Gek Rara: Kelas Online Itu Mengasyikkan
Keterangan: Senyum ceria siswa English Geek menempuh pembelajaran via online. (Istimewa)

English Geek Tanggap Korona, Gek Rara: Kelas Online Itu Mengasyikkan

Denpasar (KitaIndonesia.Com)– Coronavirus disease (Covid 19) memicu penyesuaian di segala lini. Di bidang perekonomian, upaya pemulihan dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia lewat Peraturan Nomor 11/POJK.03/2020 dan penurunan suku bunga perbankan oleh Bank Indonesia (BI). Di bidang pendidikan, Lembaga Bahasa Inggris English Geek Language School berkontribusi nyata dengan melaksanakan pembelajaran melalui kelas belajar daring (online). Upaya ini ditempuh untuk mengurangi efek virus corona.

“Hal ini menyikapi arahan Presiden Jokowi, surat edaran tentang WFH “ Work from Home” atau bekerja dari rumah. Intinya, kewajiban memberikan pengajaran kepada para siswa didik tetap kami utamakan. Dari sekian banyak media yang tersedia seperti google classroom, google hangout, telegram, skype, dan lain, English Geek memilih menggunakan aplikasi video conference ZOOM,” ucap Director of English Geek I Kadek Suastika, S.S.,Pg.Dip.

Suastika menyebut kelas online bukanlah barang baru di lembaga yang dikelolanya karena sistem mengajar di English Geek menggunakan ICT. Hal ini merupakan salah satu skill yang dimiliki oleh tenaga pengajar English Geek. Sehingga begitu pola kelas online diberlakukan English Geek menyikapi dengan super santai; segala media yang dibutuhkan dengan cepat bisa disiapkan.

“Pada saat ZOOM ini digunakan, para siswa kami tidak memerlukan waktu yang banyak untuk menyesuaikan diri. Hal ini dikarenakan, kami dari Lembaga membekali para orang tua atau siswa dengan video tutorial, simulasi kelas guna meminimalisir permasalahan,” bebernya. Meski demikian, Suastika tak memungkiri persoalan teknis di kalangan siswa seperti koneksi internet masih ada. Namun, kendala tersebut dengan cepat bisa disikapi.

“Hingga hari ini, banyak respons positif yang kami peroleh dari orang tua. Dari semua itu, orang tua sangat bahagia karena kelas online kami tidak menjadi beban, melainkan menjadi suatu hal baru dan mengasyikan bagi anak-anaknya yang sudah banyak dibebani tugas dari sekolah mereka masing-masing,” terang pria asal Gianyar tersebut. Imbuhnya, aplikasi dimaksud bisa merekam kelas sehingga setelah jadi video menjadi bahan ajar bagi semua siswa English Geek.

Pelajaran online English Geek yang mengasyikkan diakui oleh salah seorang siswa bernama Gek Rara. Dirinya mengaku sangat senang mendapat pengalaman pertamanya belajar Bahasa Inggris online. “Walaupun tidak bertemu secara langsung, Gek Rara sangat antusias dalam melaksanakan pembelajaran yang dipandu oleh Miss Asti. Kesimpulannya virus corona bukan penghalang buat kami untuk belajar bahasa Inggris bersama English Geek di mana saja,” tegasnya. (KI6)

Check Also

Perempuan, Lingkungan dan Iklim Dunia

Oleh: Rizka Septiana Institut Komunikasi dan Bisnis The London School of Public Relations – Jakarta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *