Home / Nusantara / Enam Napi Rutan Negara Dipindahkan ke Lapas Karangasem
Proses pemindahan enam narapidana dari Rutan Negara. (istimewa)

Enam Napi Rutan Negara Dipindahkan ke Lapas Karangasem

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Sebanyak enam narapidana (Napi) kasus pidana umum di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Negara dipindahkan Senin 18 Oktober 2021 Pukul 05.00 Wita subuh.

Dari enam Napi ini, 5 (lima) orang dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Karangasem. Adapun satu orang dipindahkan ke LPKA Kelas II Karangasem.

Menurut Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bali Jamaruli Manihuruk, pemindahan keenam orang narapidana ini didasarkan atas Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Nomor PAS-1152.PK.01.01.02 Tahun 2020 Tentang Rencana Aksi Tata Kelola Sistem Pemasyarakatan Optimalisasi Penempatan Narapidana di Rutan dari 24 Bulan menjadi 12 Bulan.

“Pada poin 3 menyebutkan, ‘Melaksanakan pemindahan narapidana yang berada di Rutan dengan masa sisa pidana lebih dari 12 bulan ke Lapas sekitar secara bertahap,” paparnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan pengawalan ketat oleh lima orang
petugas/ anggota jaga Rutan Kelas IIB Negara dan dua orang anggota Kepolisian Resor (Polres) Jembrana.

“Keenam narapidana tersebut dipindahkan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) pengawalan,” kata Jamaruli Manihuruk.

Penjemputan enam orang narapidana ini dilaksanakan pada Pukul 05.00 Wita dengan petugas ke blok/ kamar hunian, kemudian melakukan pemborgolan terhadap enam orang narapidana.

Kegiatan dilanjutkan dengan penggeledahan badan dan barang serta persiapan berkas pada lima orang narapidana yang akan dipindahkan.

Untuk diketahui, kapasitas Rutan Negara adalah sejumlah 71 orang, namun diisi 124 orang narapidana atau dengan tingkat over kapasitas mencapai 75 persen.

Rata-rata narapidana yang dipindahkan menjalani hukuman 2 tahun ke atas dengan tindak pidana umum, seperti pencurian dan perlindungan anak. Adapun Napi yang dipindahkan ke LPKA adalah terkait kasus perlindungan anak dengan pidana selama 5 tahun. (KI-01)

Check Also

Loccal Collection Berbagi Kasih dengan Anak-anak Panti Asuhan di Labuan Bajo

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Loccal Collection Hotel Labuan Bajo menunjukkan kepeduliannya kepada sesama, dengan berbagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *