Home / Peristiwa / Nasional / Dukung Pariwisata Bali Dibuka, Togar Situmorang: Keselamatan Tetap Diutamakan
Advokat Dr Togar Situmorang, SH, MH, MAP, CMed, CLA. (istimewa)

Dukung Pariwisata Bali Dibuka, Togar Situmorang: Keselamatan Tetap Diutamakan

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Pariwisata Bali resmi dibuka kembali untuk wisatawan mancanegara, setelah ditutup selama pandemi Covid-19 berlangsung. Hal ini ditandai dengan dibukanya penerbangan internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Kamis 14 Oktober 2021.

Meski baru dibuka untuk negara – negara tertentu seperti Korea Selatan, China, Jepang, Abu Dhabi dan Selandia Baru, namun pembukaan ‘gerbang’ penerbangan internasional ini mendapat apresiasi dan dukungan banyak pihak, termasuk Advokat Dr Togar Situmorang, SH, MH, MAP, CMed, CLA.

Meski demikian, advokat berdarah Batak ini tetap mengingatkan agar protokol kesehatan tetap menjadi prioritas utama, sesuai arahan pemerintah pusat, baik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif maupun Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri.

“Dan yang tak kalah penting, peran serta masyarakat dan pelaku pariwisata Bali khususnya, tentu sangat dibutuhkan dalam peningkatan kunjungan wisatawan baik lokal maupun internasional,” kata Togar Situmorang.

Ia juga menggarisbawahi, apabila ada wisatawan mancanegara yang melanggar, agar tidak ada tawar – menawar dalam memberikan tindakan.

“Jangan ada tawar – menawar. Apabila ada pelanggaran, harus dideportasi sebagaimana peraturan pemerintah,” tandas Togar Situmorang.

Advokat kelahiran Jakarta ini mengingatkan, tentu semua pihak merasa sangat bahagia dengan dibukanya kembali pariwisata Bali. Namun demikian, keselamatan tetap harus diutamakan.

“Kita boleh bahagia dengan dibukanya pariwisata Bali. Namun keselamatan harus tetap diutamakan, karena ada kemungkinan varian virus baru. Masyarakat juga tetap harus hati – hati serta bersama – sama terus membangun kesadaran meningkatkan proteksi kesehatan,” ucapnya.

Menurut Togar Situmorang, kebijakan pemerintah membuka parawisata Bali ini tentu juga membuat bangga. Sebab selama dua tahun, Gubernur Bali Wayan Koster sangat ketat memberlakukan Prokes, dan saat ini Pulau Bali lolos tahap awal dari Pandemi Covid-19 serta telah siap menerima turis mancanegara.

Ia berharap, promosi pariwisata untuk mengembalikan pariwisata Bali pasca Covid-19 tentunya juga tidak terlepas dari upaya pemerintah daerah di Bali dalam melakukan terobosan – terobosan, seperti mengurangi masa Karantina dari delapan hari menjadi lima hari.

“Tentu saja ini untuk menarik wisatawan berkunjung ke Bali, khususnya yang merupakan destinasi pariwisata paling diminati. Semoga saja sektor pariwisata Bali dapat bangkit,” pungkas pemilik Law Firm Togar Situmorang yang berkantor di Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 22 Denpasar Timur; Jalan Kemang Selatan Raya Nomor 99, Gedung Piccadilly, Jakarta; Jalan Terusan Jakarta Nomor 181, Ruko Harmoni, Kav 18, Antipani Kota Bandung; serta Jalan Raya Gumecik Gg Melati Banjar Gumecik Nomor 8, By Pass Prof IB Mantra, Ketewel, Bali ini. (KI-01)

Check Also

Rakernas PERADI Sukses, Togar Situmorang Kembali Suarakan Dukungan untuk ‘Single Bar’

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) pimpinan Prof Otto Hasibuan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *