Home / Peristiwa / Duka Lebanon, Togar Situmorang Sampaikan Belasungkawa
Pengamat kebijakan publik yang juga advokat senior, Togar Situmorang, SH, MH, MAP. (istimewa)

Duka Lebanon, Togar Situmorang Sampaikan Belasungkawa

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Dunia berduka. Sebanyak 73 orang tewas dan ribuan lainnya terluka akibat ledakan besar di Beirut, Lebanon.

Ledakan di kawasan pelabuhan itu mengguncang seluruh ibu kota, mengguncang bangunan, dan menebarkan kepanikan kepada warga. Apalagi kepulan asap setelah ledakan kedua terjadi yang diikuti gelombang kejut mirip tornado menyapu Beirut, membuat kepanikan yang luar biasa.

Perdana Menteri Hassan Diab menyatakan, sebanyak 2.750 ton amonium nitrat yang merupakan pupuk pertanian disinyalir menjadi penyebab insiden ini. Ini sekaligus menepis sinyalemen bahwa ledakan tersebut akibat bom.

“Kami menyampaikan belasungkawa kepada warga yang terkena musibah ledakan di Lebanon. Semoga Tuhan, mengasihi mereka yang meninggal dunia, dan yang terluka diberikan kesabaran,” kata advokat senior Togar Situmorang, SH, MH, MAP, di Denpasar, Kamis (6/8/2020).

“Di momen ini, pikiran, doa, dan harapan baik saya panjatkan kepada mereka,” imbuh Founder dan CEO Firma Hukum di Law Firm Togar Situmorang yang beralamat di Jalan Tukad Citarum Nomor 5A Renon, Denpasar (pusat), dan Cabang Denpasar di Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 22 Kesiman, Denpasar serta Cabang Jakarta di Gedung Piccadilly Room 1003-1004, Jalan Kemang Selatan Raya Nomor 99, Jakarta Selatan, ini.

BACA JUGA:   Jenazah ABK Dibuang ke Laut, Togar Situmorang: Sungguh Tidak Manusiawi!

Ia menilai, ada suatu kelalaian yang terjadi mengenai ledakan mengerikan yang terjad di sebuah gudang dekat Pelabuhan Beirut itu. Apalagi menurut hasil investigasi, ledakan itu berasal dari 2.700 ton amonium nitrat. Bahan kimia tersebut disimpan di Pelabuhan Beirut sebelum dikirim ke Afrika.

“Mengenai hal tersebut, harus dilakukan penyelidikan dan investigasi yang lebih mendalam supaya kita mengetahui siapa yang harus bertanggungjawab,” ujar Ketua Pengurus Kota Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Pengkot POSSI) Kota Denpasar ini.

Togar Situmorang pun menekankan solidaritas untuk warga Lebanon di masa-masa menyedihkan ini. Hal ini penting dilakukan supaya warga Lebanon bisa kuat dalam menerima keadaan ini. Pemerintah Lebanon juga diharapkan bisa bekerja keras terkait musibah yang tidak terduga ini, terutama mengenai penanganan musibah. Dalam hal medis misalnya, banyak warga yang membutuhkan donor darah.

“Kita berharap Lebanon bisa mengatasi cobaan yang menyakitkan ini. Mari kita menundukkan kepala sejenak untuk berdoa, memanjatkan doa kepada Tuhan dengan harapan yang tulus supaya para korban dari ledakan di Lebanon ini bisa tenang dan solidaritas untuk saling menguatkan tetap terjalin,” pungkas advokat yang juga Ketua Hukum RS dr Moedjito Dwidjosiswojo Jombang, Jawa Timur ini. (KI-01)

Check Also

Virus dari Babi, Potensi Pandemi Baru

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Masyarakat dunia saat ini masih berjuang melawan virus corona. Wabah global ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *