Home / Peristiwa / Nasional / Dua Tersangka Kerusuhan Aksi 22 Mei Diduga Terafiliasi ISIS

Dua Tersangka Kerusuhan Aksi 22 Mei Diduga Terafiliasi ISIS

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal (tengah)

JAKARTA (KitaIndonesia.Com) – Polri telah menetapkan 257 tersangka kerusuhan aksi 22 Mei, termasuk di dalamnya provokator. Para tersangka tersebut ditangkap di tiga titik yakni, Bawaslu, Petamburan dan Gambir.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal mengungkapkan di antara para tersangka tersebut, dua di antaranya diduga terafiliasi dengan kelompok teroris Garis (Gerakan Reformis Islam). Kelompok Garis ini, telah mendeklarasikan diri mendukung gerakan ISIS.

“Kami menemukan dua tersangka, dua tersangka. Dua tersangka dari luar Jakarta yang terafiliasi dengan kelompok dari kelompok Garis. Kelompok Garis ini memang juga terafiliasi dengan kelompok-kelompok tertentu,” kata Iqbal saat jumpa pers di Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Berdasarkan keterangan Iqbal, kedua tersangka itu juga mengaku sudah berniat untuk berjihad saat aksi kerusuhan pada 22 Mei 2019 di Bawaslu kemarin malam. Polri juga mengklaim telah mengantongi bukti kuat terkait keterlibatan keduanya dalam jaringan ISIS. Bahkan, diketahui kelompok Garis telah mengirimkan anggotanya ke Suriah.

“Kami menemukan bukti-bukti yang sangat kuat. Sama-sama kita ketahui bahwa kelompok garis ini karena melakukan atau menyatakan membuat statement sebagai pendukung ISIS Indonesia dan mereka sudah mengirimkan kadernya ke Suriah. Kelompok ini yang diduga kelompok yang terafiliasi pada ISIS,” jelasnya.

Saat ini Polri masih meminta keterangan lebih lanjut dari dua tersangka tersebut. Apalagi, baru diketahui Garis juga diketuai narapidana terorisme Abu Bakar Ba’asyir.

Meski demikian, Iqbal masih enggan membeberkan inisial dari dua tersangka tersebut. Polri saat ini juga tengah memburu pihak lainnya yang terlibat dengan jaringan Garis.

Check Also

Yovie Megananda Nakhodai PERADI Bandung, Togar Situmorang: Selalu Jaga Marwah Advokat

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Perhimpunan Advokat Indonesia Rumah Bersama Advokat (PERADI – RAB) Bandung menggelar Musyawarah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *