Home / Nusantara / DPRD Bali Minta Perketat Pintu Masuk Pulau Dewata
Rapat Pimpinan DPRD Provinsi Bali membahas penanggulangan Covid-19 di daerah Bali. (istimewa)

DPRD Bali Minta Perketat Pintu Masuk Pulau Dewata

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – DPRD Provinsi Bali meminta Gubernur Bali Wayan Koster, untuk memperketat pintu masuk Bali guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di daerah pariwisata itu. Hal ini penting dilakukan, mengingat terus meningkatnya kasus positif Covid-19 di Pulau Dewata.

Permintaan Dewan tersebut menjadikan salah dari dari lima butir rekomendasi DPRD Provinsi Bali terkait penanggulangan virus corona di daerah Bali. Kelima rekomendasi tersebut dihasilkan dalam rapat Pimpinan DPRD Provinsi Bali terkait penanggulangan Covid-19, di Gedung DPRD Bali, Selasa (14/4/2020).

“Kita baru saja menggelar rapat terkait penanggulangan Covid-19 di Provinsi Bali. Kita merekomendasikan lima poin kepada Gubernur,” jelas Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama, usai memimpin langsung rapat tersebut.

Mantan Bupati Tabanan dua periode ini kemudian merinci kelima rekomendasi DPRD Provinsi Bali terkait penanggulangan Covid-19 ini. Pertama, pemerintah daerah Provinsi Bali agar melakukan langkah-langkah ketat terhadap pintu-pintu masuk Bali guna mencegah mewabahnya Covid-19. Bila perlu, hal tersebut didukung dengan regulasi, baik berupa Pergub ataupun ketentuan lainnya.

Kedua, terhadap Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berasal dari Bali, direkomendasikan agar wajib dikarantina oleh pemerintah Provinsi Bali dengan memerioritaskan penggunaan tempat-tempat yang layak dan nyaman. Seperti hotel-hotel milik BUMN atau hotel melati.

Ketiga, dalam menangani Covid-19, pemerintah daerah Provinsi Bali agar segera mengajukan realokasi anggaran guna mendukung upaya-upaya penanggulangan Covid-19.

Keempat, pemerintah daerah Provinsi Bali mewajibkan masyarakat menggunakan masker dengan sanksi yang tegas bagi yang melanggar.

Kelima, pemerintah daerah Provinsi Bali agar selalu berkoordinasi dengan DPRD Provinsi Bali terhadap pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Kelima poin rekomendasi melalui Surat DPRD Provinsi Bali Nomor 900/ 1683/ DPRD, tertanggal 14 April 2020, itu diharapkan segera ditindaklanjuti oleh Gubernur Bali.

“Selain menghasilkan kelima rekomendasi yang diharapkan segera ditindaklanjuti oleh gubernur ini, kami juga menyikapi berbagai aspirasi masyarakat sekaligus mencermati kasus positif Covid-19 yang terus meningkat di Bali ini,” pungkas Adi Wiryatama. (KI4)

Check Also

Ajak Masyarakat Vaksin dan Jaga Imun, Togar Situmorang: Jangan Remehkan Virus Corona!

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Hampir dua tahun dunia dirundung bencana wabah virus corona. Virus yang berasal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *