Home / Peristiwa / Nasional / DPN PERADI Dilantik, Ini Harapan Togar Situmorang
Advokat senior Togar Situmorang, SH, CMed, MH, MAP, CLA. (istimewa)

DPN PERADI Dilantik, Ini Harapan Togar Situmorang

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN PERADI) periode 2020-2025 resmi dikukuhkan di Gedung Balai Samudera Jalan Boulevard Barat, Kelurahan Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara, Senin (8/2/2021).

Tampak hadir pada kesempatan tersebut Wakil Ketua MPR RI H Arsul Sani, SH, MSi, Karobankum Divkum Polri Brigjen Pol Imshua Tuti, SH, MH, MBL, Kejaksaan Tinggi Dr Naari Agung Putra, Wamenkumham Eddy Hiriaej, Ketua MUI KH Miftachul Akhyar, dan Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta H Sunaryo, SH, MH.

“Saya akan mencoba dan berusaha agar PERADI lebih baik lagi dan saya akan terus membangun tentunya dengan bantuan rekan-rekan dan semua pimpinan, kami akan selalu bertanya dan minta arahan agar kami sebagai pengurus PERADI ini bisa mewujudkan apa yang menjadi harapan kita semua. Sekali saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu dan mempercayai saya sebagai pengurus PERADI yang baru,” kata Ketua Umum DPN PERADI Prof Otto Hasibuan.

Pelantikan DPN PERADI ini disambut positif berbagai kalangan, termasuk para anggota PERADI. Di antaranya adalah advokat senior Togar Situmorang, SH, CMed, MH, MAP, CLA.

“Kami mengucapkan selamat atas pelantikan Ketua Umum PERADI Prof Otto Hasibuan dan kepengurusan yang baru. Selamat bekerja dan mengemban amanah dari anggota,” kata Togar Situmorang, di Denpasar, Selasa (9/2/2021).

Ia berharap, pengurus yang baru bisa memberikan semangat baru dalam asosiasi profesi ini. Apalagi, menurut Togar Situmorang, Prof Otto Hasibuan sangat mencintai PERADI dan dedikasinya tidak diragukan.

“Terutama harapan seluruh anggota agar dapat dilindungi dalam hal menjalankan profesi sebagai advokatnya, baik di dalam juga di luar pengadilan dalam menangani perkara serta tidak bisa dipidana atau digugat perdata,” ujar advokat berdarah Batak kelahiran Jakarta ini.

Togar Situmorang juga berharap kepengurusan yang baru dilantik ini bisa mewujudkan amanah UU Advokat, di antaranya menjadikan wadah tunggal advokat (single bar).

“Tak kalah penting, yaitu kualitas dan mendorong untuk aktif dalam perjuangan hukum. Sebab dengan advokat yang berkualitas, masyarakat pencari keadilan akan benar-benar mendapatkan keadilan,” ucapnya.

Tantangan advokat ke depan, kata dia, semakin berat. Oleh sebab itu, para anggota PERADI perlu untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan di dalam organisasi.

“Dengan bersatu, kita bisa bersama-sama menyelesaikan semua masalah yang terjadi, seperti sering adanya tindakan kriminalisasi terhadap profesi advokat,” tandas Togar Situmorang.

Ia sendiri mengalami hal tersebut. Sebagai kuasa hukum yang sudah menjalankan tugas dan kewajibannya berdasarkan surat kuasa dan melahirkan prestasi, malah dilaporkan ke Polresta Denpasar.

“Saya sebagai anggota PERADI yang pernah mengirimkan Surat Perlindungan Hukum terkait kasus di Polresta Denpasar dan mendapat tanggapan yang luar biasa dari DPN PERADI, betul-betul sangat menghormati dan menghargai apa yang PERADI Pusat lakukan dan yang akan dilakukan dalam hal melindungi anggotanya sebagai advokat terkait adanya tindakan kriminalisasi terhadap advokat itu sendiri,” tuturnya.

“Tentunya kita sebagai anggota PERADI berharap jangan sampai ada lagi kasus kriminalisasi terhadap advokat. Mari kita jaga marwah advokat,” pungkas CEO & Founder Law Firm Togar Situmorang yang berkantor pusat di Jalan Tukad Citarum Nomor 5A, Renon, Denpasar; serta kantor cabang masing-masing di Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 22 Denpasar Timur; Jalan Malboro Teuku Umar Barat Nomor 10, Denpasar Barat; Gedung Piccadilly Jalan Kemang Selatan Raya 99, Jakarta Selatan; Jalan Trans Kalimantan Nomor 3-4, Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat; serta Jalan Duku Blok Musholla Baitunnur Nomor 160 RT/ RW 007/ 001 Desa Budur, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat itu. (KI-01)

Check Also

Komnas HAM Panggil Pimpinan KPK dan BKN, Hendardi: Itu Mengada-ada

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memanggil pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *