Home / Ekonomi / Dongkrat Omset dengan Digitalisasi UMKM Menghadapi New Normal

Dongkrat Omset dengan Digitalisasi UMKM Menghadapi New Normal

Digitalisasi Bisnis UMKM merupakan salah satu solusi UMKM ditengah Pandemi dan Menghadapi New Normal

Tabanan (KitaIndonesia.Com) – Menurut Survei KataData Insight Center (KIC) 81% pelaku UMKM menggunakan internet untuk membantu usaha di masa Covid. Namun ada beberapa kendala, salah satunya adalah pengetahuan menjalankan usaha secara online masih minim. Bahkan meski UMKM sudah sering mengikuti pelatihan digital marketing, namun belum ada mentoring yang sustainable, hanya baru sebatas pelatihan.

Gerakan mentoring ini muncul melihat kendala UMKM Tabanan dan perbincangan di Komunitas UMKM Tabanan yang terdiri dari pelaku dan praktisi UMKM, pendamping UMKM serta komponen Perusda. Ini adalah gerakan bersama untuk mendorong UMKM naik kelas di Tabanan yang melibatkan asosiasi dan organisasi yang bergerak di bidang UMKM seperti HIPMI, ICSB serta juga didukung Perumda Dharma Santika melalui D’sant Resto untuk meeting point mendorong.  Di samping itu  juga disupport oleh Bali UMKM Crisis Center serta praktisi sebagai mentor.

Gerakan mentoring ini adalah gerakan berkelanjutan. Pada tahap awal akan diseleksi maksimal 100 UMKM. Mentoring dilakukan dalam 3 fase, setiap fase bisa berlangsung dalam 4 – 6 bulan. Mentoring berfokus pada coaching dan pendampingan,  selain training secara online maupun offline. 100 UMKM akan terus dimentoring dalam 3 fase secara berkelanjutan.

Fase pertama, Digital Marketing. Fase kedua, Managemen Bisnis. Fase ketiga, Business Matching. Pembukaan pendaftaran mentoring tanggal 3- 10 Juli 2020. Fase 1 yaitu Digital Marketing mengusung tema “Dongkrak Omset, Dengan Digitalisasi”, dengan mentoring akan berlangsung 6 bulan (12 Juli -12 Desember 2020) yang akan dilakukan oleh tim Bali GO Digital.

Untuk mengikuti mentoring ini, tidak ada syarat khusus. Yang penting UMKM dari Tabanan dan mau belajar secara berkelanjutan. Mentoring dilakukan secara gratis. Untuk link pendaftaran, bisa klik di bit.ly/metonring-tbn. Info lebih lanjut bisa kontak via WhatsApp ke nomor 087760101110. (KI-AD) 

Check Also

Perkuat Literasi, Stefanus Gandi Institut Bantu Pengembangan Buletin Vorsa

Ruteng (KitaIndonesia.Com) – Sebagai lembaga literasi, Stefanus Gandi Institut (SGI) berkomitmen memperkuat literasi khususnya di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *