Home / Peristiwa / Nasional / Dojang Secta Berbagi Kasih dengan Anak-anak Panti Asuhan
Penasehat Dojang Secta, I Nyoman Suyasa, didampingi istri Kadek Weisya Kusmiadewi saat menyerahkan tali kasih kepada pengasuh Panti Asuhan Sidiastu, Tuka, Dalung. (istimewa)

Dojang Secta Berbagi Kasih dengan Anak-anak Panti Asuhan

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Olahraga selalu diidentikkan dengan kesehatan, pembinaan, prestasi, hingga rekreasi. Namun jangan salah, sebab tak sedikit juga praktisi olahraga yang tak pernah melupakan urusan sosial dan kemanusiaan.

Banyak olahragawan maupun organisasi olahraga, yang tak jarang menyisihkan waktu dan pendapatan mereka untuk hal-hal sosial dan kemanusiaan. Hal ini pula yang dilakukan oleh Dojang Secta Denpasar, dengan berbagi kasih bersama anak-anak panti asuhan.

Adalah Panti Asuhan Sidiastu di Desa Tuka, Dalung, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali, yang berkesempatan dikunjungi oleh Dojang Secta, Sabtu (23/11/2019). Ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh Dojang Secta.

“Kami ingin berbagi kasih dari sisi kemanusiaan kepada saudara-saudara atau adik-adik yang kurang beruntung dengan tidak melihat dari mana dia berasal, apa agamanya dan sukunya,” kata Penasehat Dojang Secta, I Nyoman Suyasa, usai kegiatan tersebut.

Ia menambahkan, kegiatan seperti ini tidak berhenti sampai di sini saja. Ke depan, Dojang Secta yang dimiliki seorang wartawan olahraga ini, ingin terus melakukan kegiatan sosial kemanusiaan serupa. Ia juga menekankan bahwa pelaku dunia olahraga, tidak harus serta merta fokus pada urusan prestasi maupun pembinaan saja.

“Harapan kami ke depan, pelaku olahraga bisa menjadi pionir dalam kegiatan sosial seperti ini. Meskipun sudah banyak yang melakukan. Saya harap, langkah kecil ini bisa berdampak besar bagi mereka yang membutuhkan,” tutur Suyasa, yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali.

Pria asal Karangasem ini menuturkan, kegiatan ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan unsur politik. Menurut Suyasa, kegiatan ini adalah keinginan bersama para orang tua murid. Dan kebetulan, anak kandungnya sendiri sedang menekuni bela diri taekwondo di Dojang Secta ini.

“Sebagai orang tua, kita harus mensupport keinginan anak, salah satunya dengan kegiatan positif seperti olahraga,” tandas Suyasa, yang pada kesempatan tersebut didampingi istrinya Kadek Weisya Kusmiadewi yang juga Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Provinsi Bali.

Adapun bantuan yang diberikan Dojang Secta kepada Panti Asuhan Sidiastu berupa sembako, pakaian, dan lainnya. Dalam suasana kekeluargaan, anak-anak panti asuhan dan murid binaan di Dojang Secta saling bergantian mempersembahkan hiburan pada kesempatan tersebut.

Orang tua salah seorang murid Secta, Desak Septya Dewi malah mengaku bangga bisa menitipkan ketiga putranya, Regan, Moris dan Bastian berlatih di bawah arahan sabeum Yan Daulaka, yang dikenal sangat konsen mengajarkan karakter cinta dan kasih kepada anak asuhnya.

“Kami merasa kegiatan seperti ini sudah sangat luar biasa. Ketiga putra saya tidak diajarkan latihan beladiri semata, tapi juga dibentuk karakter sosialnya. Berbagi kasih dengan anak yatim seperti ini adalah kegiatan yang akan selalu dikenang anak-anak kami. Biar mereka terlatih untuk perduli dengan sesama juga lingkungannya,” tutur Desak, yang juga seorang notaris.

Saat ini Dojang Secta menampung 45 murid yang berlatih di GOR Lila Bhuana Denpasar. Dojang ini sudah berdiri sejak tahun 2016 yang sebelumnya adalah bernama Dojang PWI.

Diketahui Dojang merupakan nama tempat latihan beladiri Taekwondo. Sementara Secta adalah singkatan dari Semangat Club Taekwondo. Secta diambil dari bahasa latin yang artinya sekolah membentuk kepribadian. (KI4)

Check Also

Instruksi Kapolri kepada Kapolda dan Kapolres: Tindak Tegas Anggota yang Melanggar Aturan

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan secara tegas kepada seluruh jajarannya untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *