Home / Nusantara / Direktur Atlantis International College: Kami Siap Cetak Lulusan untuk Industri Pariwisata Dunia
Direktur Atlantis International College Labuan Bajo, Mateus Siagian (tengah) bersama dosen dan mahasiswa Atlantis International College Labuan Bajo. (istimewa)

Direktur Atlantis International College: Kami Siap Cetak Lulusan untuk Industri Pariwisata Dunia

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Atlantis International College Labuan Bajo berkomitmen untuk mencetak pemuda di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT), untuk bisa bekerja di industri pariwisata Indonesia dan luar negeri.

Komitmen ini disampaikan oleh Direktur Atlantis International College Labuan Bajo Matheus SN Siagian, di Labuan Bajo, Senin 9 Agustus 2021.

“Kami siap mendidik dan melatih mahasiswa menjadi tenaga kerja yang profesional dan siap pakai dalam dunia kerja industri pariwisata. Mahasiswa juga akan dibina untuk memiliki jiwa enterpreneur,” paparnya.

Ia menjelaskan, Atlantis International College merupakan lembaga pendidikan baru di Labuan Bajo. Hingga saat ini, sudah ada 20 lulusan SMK/ SMA di Kabupaten Mabar yang mendaftar di lembaga pendidikan ini.

“Kami memastikan lulusan Atlantis International College Labuan Bajo bisa bekerja di luar negeri,” ujar Matheus Siagian.

Saat ini, pihaknya bekerja sama dengan PT Timuraya Jaya Lestari (TJL) Bali, lembaga yang memiliki sertifikasi dan legalitas jelas dalam penempatan pekerja di luar negeri.

Lulusan sekolah ini akan memiliki profesionalitas kerja standar internasional. Mereka bisa bekerja di Indonesia dan sangat siap bekerja di industri pariwisata dunia hingga kapal pesiar.

Matheus Siagian menyebut, perkembangan destinasi di suatu daerah membuat jumlah pelaku usaha bertambah dan kompetisi dalam bidang keterampilan semakin tinggi.

“Jika masyarakat lokal di Manggarai Barat tidak meningkatkan kualitas dalam bidang pariwisata, maka potensi daerah akan diambil oleh orang lain yang lebih terampil,” tandasnya.

Karena itu, menurut dia, kemampuan bersaing para pemuda lokal di bidang pariwisata perlu ditingkatkan. Salah satu caranya yakni melihat langsung bagaimana tren pariwisata dan bentuk pelayanan terhadap tamu di luar negeri.

Ia menilai, pengalaman kerja di luar negeri akan mampu menaikkan kualitas SDM saat mereka kembali untuk mengabdi di daerah.

“Jadi kami didik SDM di Manggarai Barat untuk siap dengan persaingan internasional. Jangan sampai hotel berbintang sudah dibangun di sini, tapi kita kewalahan karena tidak punya tenaga kerja yang sesuai kualifikasi posisi senior saat itu,” tegas Matheus Siagian.

Secara terpisah mahasiswa Atlantis International College Labuan Bajo, Angelina Putri Ayu, mengaku sudah satu tahun menjalani pendidikan di sekolah ini bersama 19 teman lainnya. Pihaknya mendapatkan banyak ilmu dari para dosen berpengalaman internasional.

Ia sendiri mengaku siap bekerja di luar negeri selama 3-4 tahun ke depan. Bahkan lulusan SMKN 1 Lembor Selatan Mabar ini optimistis akan cepat beradaptasi dengan pelatihan berbahasa asing dan pelajaran lain.

Selain ingin memajukan pariwisata di tanah kelahirannya, ia juga ingin membanggakan orang tua dan keluarga.

“Saya siap belajar dan ke luar negeri. Saya akan pulang untuk majukan pariwisata di Manggarai Barat,” pungkas Angelina. (KI-RLS)

Check Also

Ajak Masyarakat Vaksin dan Jaga Imun, Togar Situmorang: Jangan Remehkan Virus Corona!

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Hampir dua tahun dunia dirundung bencana wabah virus corona. Virus yang berasal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *