Home / Nusantara / Dinkes Mabar: Vaksinasi Tahap Pertama Dilakukan untuk Tenaga Kesehatan
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Mabar, Yohanes Johan. (kitaindonesia.com/itho umar)

Dinkes Mabar: Vaksinasi Tahap Pertama Dilakukan untuk Tenaga Kesehatan

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan melakukan vaksinasi tahap pertama untuk para tenaga kesehatan di daerah itu. Suntikan vaksin Covid-19 secara gratis itu juga dilakukan bagi tenaga pelayanan publik, seperti guru dan birokrat.

“Sebanyak 1.300 tenaga kesehatan di Kabupaten Manggarai Barat yang akan mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 secara gratis pada pelaksanaan vaksinasi tahap pertama. Nama para tenaga kesehatan yang akan menerima vaksin juga telah diserahkan ke Kementrian Kesehatan RI,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mabar, Yohanes Johan, di Labuan Bajo, Rabu (06/01/2020).

Menurut dia, sesuai arahan pemerintah pusat, tenaga kesehatan adalah profesi yang pertama kali mendapat suntikan vaksin Covid-19. Setelah dilakukan vaksinasi tahap pertama yang dikhususkan untuk tenaga kesehatan, pihaknya akan melanjutkan vaksinasi untuk petugas di lini pelayanan publik serta masyarakat umum.

“Gelombang pertama kita akan vaksinasi kepada 1.300 tenaga medis. Sisanya 700 vaksin akan diberikan kepada tenaga pelayanan publik. Sedangkan gelombang kedua nantinya akan diberikan kepada masyarakat umum,” papar Yohanes Johan.

Ia menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan petugas khusus yang akan melakukan penyuntikan vaksin ini, yakni dokter dan perawat yang sudah dilatih secara khusus. Selain itu, ada 22 Puskesmas di ujung barat Pulau Flores itu yang menjadi tempat vaksinasi, selain RSUD Komodo dan Rumah Sakit Internasional Siloam Labuan Bajo.

“Kami masih menunggu instruksi dari Kementerian Kesehatan untuk melakukan vaksinasi. Saat ini, vaksin tersebut sudah tiba di Dinas Kesehatan Provinsi NTT di Kupang. Kalau ada instruksi untuk diambil, Dinas Kesehatan sudah siap dan nantinya vaksin tersebut akan disimpan di wadah pendingin khusus di gudang farmasi Dinas Kesehatan Manggarai Barat,” pungkasnya. (KI-03)

Check Also

Ajak Masyarakat Vaksin dan Jaga Imun, Togar Situmorang: Jangan Remehkan Virus Corona!

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Hampir dua tahun dunia dirundung bencana wabah virus corona. Virus yang berasal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *