Home / Nusantara / Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Mabar Gelar Kastrasi dan Vaksinasi Gratis
Pasien hewan bersama pemiliknya yang sudah mengikuti layanan kastrasi serta vaksinasi gratis. (istimewa)

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Mabar Gelar Kastrasi dan Vaksinasi Gratis

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur, menyelenggarakan kastrasi/ kebiri dan vaksinasi untuk hewan anjing, kucing dan babi secara gratis di Labuan Bajo. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Hari Dokter Hewan Sedunia, yang jatuh tanggal 25 April.

“Dalam rangka Hari Dokter Hewan Sedunia, kami bersama semua Dokter Hewan dan Paramedis Veteriner Mabar menyelenggarakan kegiatan layanan gratis kastrasi hewan anjing, kucing dan babi serta vaksinasi lengkap gratis,” jelas Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Mabar drh Theresia Primadona Asmon, di Labuan Bajo, Sabtu (25/4/2020).

Layanan khusus ini dibuka sejak Jumat (24/4/2020), Sabtu (25/4/2020) dan dilanjutkan Senin (27/4/2020). Sejak layanan gratis ini dibuka, menurut dia, sudah 9 pasien anjing yang terlayani.

“Pasien anjing yang susah terlayani sebanyak sembilan ekor. Ada lima pendaftar pertama yang mendapat vaksin lengkap,” papar Ney Asmon, sapaan lengkap alumni IPB Bogor itu.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Manggarai Barat, drh Theresia Primadona Asmon. (istimewa)

Dikatakan, apabila menjalani perawatan di luar program, umumnya dikenakan biaya Rp275 ribu hingga Rp500 ribu per pasien hewan. Karena itu, ia mengajak masyarakat yang memiliki hewan peliharaan, untuk memanfaatkan layanan gratis kastrasi serta vaksinasi gratis ini selama program yang berlangsung hanya tiga hari saja.

“Khusus untuk kucing dilayani hari Senin mendatang dan free vaksin lengkap untuk 12 pendaftar pertama,” papar Ney Asmon, sembari menambahkan bahwa selain kegiatan khusus ini pelayanan kesehatan hewan tetap dijalankan di semua kecamatan di Manggarai Barat.

“Kami juga mengucapkan Selamat Hari Dokter Hewan Dunia untuk semua Dokter Hewan dan Paramedis,” pungkas mantan Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat ini. (KI4)

Check Also

Sekretariat Politician Academy Branch NTT 1 di Ruteng Diresmikan

Ruteng (KitaIndonesia.Com) – Sekretariat Lembaga Konsultan Politik ‘Politician Academy’ Branch NTT 1 diresmikan di Waso, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *