Home / Peristiwa / Dihantam Ombak, Kapal Rombongan Wartawan Terbalik di Labuan Bajo
Kapal yang ditumpangi rombongan wartawan Istana Kepresidenan terbalik di perairan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. (istimewa)

Dihantam Ombak, Kapal Rombongan Wartawan Terbalik di Labuan Bajo

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Musibah menimpa rombongan wartawan yang bertugas mengikuti agenda kunjungan Presiden Jokowi di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Setelah Jokowi kembali ke Jakarta, Selasa (21/1/2020), para wartawan kemudian berniat menikmati alam Labuan Bajo dengan menggunakan Kapal Plataran Pinisi Bali.

Hanya saja, seusai menikmati alam “Bumi Komodo”, kapal pinisi yang ditumpangi para wartawan hingga biro pers kepresidenan ini terbalik di perairan Pulau Bidadari, Labuan Bajo, sekitar pukul 11.20 Wita. Kapal tiba-tiba dihantam ombak besar, dan langsung terbalik.

“Tiba-tiba (angin) kencang gitu, ombak gede, beneran kayak hitungan detik saja (kapal) langsung terbalik,” papar salah satu korban, wartawan Antara Desca Lidya Natalia. Ia lalu menceritakan kronologis kejadian.

“Presiden sudah take off ke Jakarta, terus Mbak Nina (wartawan Kompas) kan bisa arrange buat ke pinisi. Abis itu udah berangkat, pas perjalanan pulang tiba-tiba anginnya gede. Terus benar-benar terbalik semuanya,” ucapnya.

Akibat peristiwa tersebut, Desca dan wartawan lainnya kehilangan seluruh barang bawaan mereka. Mulai dari tas, laptop, dompet, ponsel, hingga kamera yang biasa digunakan untuk liputan. Beruntung, saat terbalik, petugas pantai di Hotel Plataran Komodo yang melihat kejadian tersebut segera bergerak menuju lokasi dengan speedboat.

Baik wartawan maupun anak buah kapal (ABK), semuanya selamat. Mereka kemudian dievakuasi ke Hotel Plataran Komodo dan langsung diperiksa oleh tim dokter dari RS Siloam Labuan Bajo.

Kapal yang digunakan rombongan wartawan tersebut, bukan kapal yang digunakan oleh Presiden selama berada di Labuan Bajo. Namun, kapal tersebut digunakan oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, di Labuan Bajo, Senin (20/1/2020).

Adapun wartawan yang ikut dalam kapal naas tersebut adalah Edho Ferdihanzah (TVRI), Krismastianto Baruno Suryokusumo (Berita Satu TV), Agus Rahmat (Vivanews.com), Lizsa Egeham (Liputan6.com), Desca Lidya Natalia (LKBN Antara), Nina Susilo (Kompas), dan Anindyka Pribadi (SCTV). Semuanya kembali ke Jakarta, dengan menggunakan pesawat pukul 15.40 Wita. (KI4/KI21)

Check Also

Patung Gajah Mada dan Kebo Iwo Hadir di Jantung Kota Tabanan Bali

Tabanan (KitaIndonesia.Com) – Dua patung sosok legendaris sejarah nusantara Patih Gajah Mada dan Kebo Iwa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *