Home / Pendidikan / Didik Anak di Masa Pandemi, Selly Mantra: Aktifkan Peran Bunda PAUD
Bunda PAUD Kota Denpasar IA Selly Dharmawijaya Mantra, saat menjadi keynote speaker webinar dan workshop online IGTKI Kota Denpasar. (istimewa)

Didik Anak di Masa Pandemi, Selly Mantra: Aktifkan Peran Bunda PAUD

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Di masa adaptasi kebiasan baru, para Bunda PAUD memiliki peran strategis khususnya dalam mendidik anak usia dini. Terkait hal tersebut, IGTKI-PGRI Kota Denpasar mengadakan Webinar dan Workshop Online Hari Anak Nasional, di Damamaya Cyber Monitor, Graha Sewaka Dharma, Lumintang, Denpasar, Kamis (23/7/2020).

Webinar ini mengangkat tema “Peran dan Kiat Guru PAUD di Masa Tatanan Kebiasaan Baru”. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, Kamis dan Jumat, 23-24 Juli 2020, ini menghadirkan keynote speaker IA Selly Dharmawijaya Mantra, Bunda PAUD Kota Denpasar.

“Kegiatan ini sebagai ajang sharing menghadapi kebiasaan baru. Tentu tantangan bagi orangtua dewasa ini, bagaimana mempersiapkan anak beradaptasi dalam menghadapi tatanan kebiasaan baru di saat pandemi,” kata Selly Mantra.

Menurut dia, tentu ada banyak kendala yang muncul. Karena itu, dibutuhkan komunikasi yang baik antar sekolah, orangtua dan tenaga pendidik dalam mengatasinya.

Ia menambahkan, selama anak menghadapi kebiasaan baru ini, khusus anak SD, SMP dan SMA tentu tidak masalah. Sebab, mereka sudah mandiri.

“Tetapi bagi anak tingkat PAUD atau usia dini, harus dilakukan pendekatan berbeda. Dibutuhkan dukungan internal keluarga, agar anak tetap menjalani proses belajar mengajar yang baik di masa pandemi,” ujar Selly Mantra.

Khusus pendidik PAUD, diharapkan untuk lebih aktif menggali dan mencari berbagai referensi sistem pembelajaran. Di sisi lain, orangtua juga bisa membagikan tips, terutama dalam memberikan pengertian untuk menghindari anak stres selama beraktivitas di rumah.

“Bisa dikomunikasikan di group online untuk mencari jalan terbaik dan bisa memberi pengertian anak dalam menghadapi masa pandemi. Yang terpenting menyiapkan anak usia dini dalam memupuk jiwa kepemimpinan,” tutur Selly Mantra.

Dikatakan, berbagai program telah digalakkan Pemkot Denpasar dalam mengatasi kendala orangtua dalam mendidik anak dan berperan dalam keluarga.

“Apresiasi kepada bunda PAUD di masa pandemi ini, karena mengambil tugas sebagai seorang guru. Diharapkan juga para bunda PAUD mengurangi membaca berita yang menyesatkan atau hoaks, tingkatkan imun, serta berolahraga dan seimbangkan aktivitas,” ajaknya.

Sementara itu Ketua IGTKI – PGRI Kota Denpasar Made Aryaningsih menjelaskan bahwa kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatan mutu pendidik PAUD di Kota Denpasar. Hal ini berkaitan dengan menjalani kebiasan baru menghadapi pandemi Covid-19, di mana anak kini belajar dari rumah.

“Disinilah peran guru dan ibu, karena saat pandemi ini diharapkan orangtua murid berperan aktif dalam melatih anak agar perkembangan anak tetap berjalan sekalipun di tengah Pandemi Covid-19,” jelasnya, di sela-sela webinar yang diikuti 500 peserta pendidik PAUD se – Kota Denpasar ini. (KI-02)

Check Also

Kasisdikpora Bali: Selain Zona Merah PTM Akan Tetap Digelar

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam situasi pandemi Covid-19 menimbulkan pro kontra di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *