Home / Nusantara / Di Tengah Ancaman Pandemi Covid-19 dan Bencana Alam, Jabatan Kepala BPBD Justru Lowong
Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Benediktus Nurdin. (kitaindonesia/itho umar)

Di Tengah Ancaman Pandemi Covid-19 dan Bencana Alam, Jabatan Kepala BPBD Justru Lowong

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Pandemi Covid-19 terus mengancam. Hal tersebut ditandai dengan kasus positif Covid-19 yang terus melonjak. Saat bersamaan, cuaca ekstrem juga melanda berbagai daerah, tak terkecuali di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Celakanya di tengah huru-hara ini, jabatan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mabar justru masih lowong. Padahal, jabatan tersebut cukup krusial karena berkaitan erat dengan penanganan dan penanggulangan bencana daerah.

Kondisi ini pun mendapat sorotan dari Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Mabar, Benediktus Nurdin. Ia menilai pemerintah kurang responsif dalam menanggapi situasi ini, padahal wabah virus corona hingga bencana alam perlu penanganan serius saat ini.

“Pejabat dinas ini (BPBD, red) sangat krusial dalam mengatasi masalah bencana alam. Pertama soal penanganan Covid-19, yang kita tahu bersama semakin hari terus meningkat. Yang kedua, berkaitan dengan bencana – bencana yang terjadi di seluruh kecamatan di Kabupaten Manggarai Barat ini,” kata Nurdin, kepada kitaindonesia.com di Labuan Bajo, Kamis (4/2/2021).

Ia memastikan, apabila jabatan penting ini dibiarkan lowong berkepanjangan, maka penangangan bencana di ujung barat Pulau Flores itu tidak maksimal.

“Pelayanan masyarakat khususnya terkait masalah bencana alam akan terhambat, hanya karena bupati belum menentukan pengganti dari Plt Kepala BPBD,” ujar legislator dari Partai NasDem itu.

Nurdin pun berharap, pemerintah secepatnya menentukan pejabat yang menempati posisi lowong ini. Dengan demikian, segala persoalan bencana di daerah ini bisa diselesaikan dengan cepat.

“Harapannya, Bupati atau Sekda Mabar segera menentukan pengganti Plt Kepala BPBD untuk menjawab persoalan-persoalan masyarakat yang sampai saat ini belum tentus, sehingga bisa diselesaikan dengan cepat,” ucapnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Plh Sekda Mabar Ismail Surdi, membenarkan sejumlah jabatan masih lowong di daerah itu. Menurut dia, jabatan-jabatan tersebut akan terjawab dalam minggu ini.

“Yang saat ini belum terisi seperti di Bencana Alam, Asisten Satu atau Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat serta  Kepala Bagian Tata Pemerintahan. Dalam minggu ini semuanya akan terisi,” jelas Ismail Surdi. (KI-05)

Check Also

Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu, Demokrat Siap Bersinergi dengan Polda Bali

KitaIndonesia.Com – DPD Partai Demokrat Provinsi Bali menegaskan komitmennya untuk menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *