Home / Nusantara / Di Denpasar, Petugas Pulangkan Pengunjung Pasar yang Tak Gunakan Masker
Pemkot Denpasar mewajibkan pengunjung dan pedagang di pasar menggunakan masker. (istimewa)

Di Denpasar, Petugas Pulangkan Pengunjung Pasar yang Tak Gunakan Masker

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Terhitung sejak tanggal 5 April 2020, pemerintah telah mewajibkan penggunaan masker bagi masyarakat yang ke luar rumah. Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut imbauan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Imbauan ini ditindaklanjuti pemerintah di daerah melalui instansi atau badan terkait, sebagaimana dilakukan Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, Bali. Pengunjung Pasar Badung dan Pasar Kumbasari yang tidak menggunakan masker, langsung dipulangkan.

Di Pasar Kumbasari Denpasar, Senin (6/4/2020) misalnya, Kepala Tim Pengawasan Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar langsung mengecek satu persatu pengunjung, pedagang dan tukang suwun yang tak menggunakan masker. Yang tidak menggunakan masker, langsung diminta pulang untuk mengambil masker.

“Melihat kondisi saat ini, dengan intensitas penyebaran virus corona yang tinggi, kami melaksanakan tindakan tegas sebagai upaya pencegahan,” tutur Dirut Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar IB Kompyang Wiranata, saat dikonfirmasi terkait tindakan terhadap pengunjung dan pedagang yang tidak mengenakan masker ini.

Ia menjelaskan, Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar sebelumnya telah melaksanakan sosialisasi dan menyebarkan informasi kepada para pedagang, juru parkir, pengunjung dan tukang suwun. Selanjutnya, pengawasan akan terus dilaksanakan guna meningkatkan kesadaran masyarakat menggunakan masker.

Selain itu, pasar-pasar di Kota Denpasar juga telah dibantu pengadaan masker melalui Gerakan 10.000 Masker yang digalakkan oleh K3S Kota Denpasar.

“Masyarakat dan seluruh elemen yang terlibat di pasar-pasar yang berada di wilayah Kota Denpasar agar meningkatkan kewaspadaan diri dengan membiasakan diri menggunakan masker sebagi upaya pencegahan penyebaran virus corona,” tandas Kompyang Wiranata. (KI4)

Check Also

Ajak Masyarakat Vaksin dan Jaga Imun, Togar Situmorang: Jangan Remehkan Virus Corona!

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Hampir dua tahun dunia dirundung bencana wabah virus corona. Virus yang berasal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *