Home / Nusantara / Desa Siru Luncurkan Website, Buka Layanan Online
Peluncuran website Desa Siru dihadiri oleh Camat Lembor, Pius Baut. (istimewa)

Desa Siru Luncurkan Website, Buka Layanan Online

Labuan Bajo (www.kitaindonesia.Com) – Pemerintah Desa Siru, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, membuat terobosan baru dalam melayani masyarakat. Hal itu ditandai dengan peluncuran website berbasis Sistem Informasi Desa (SID), Kamis (28/1/2021). Peluncuran website yang dilaksanakan di Kantor Desa Siru itu dihadiri oleh Camat Lembor, Pius Baut.

“Kita patut memberikan apresiasi kepada pemerintah Desa Siru atas inovasinya yang sudah mulai menggunakan teknologi informasi dalam melayani administrasi masyarakat,” kata Pius Baut.

Website yang diluncurkan ini, imbuhnya, tentu memudahkan pemerintah desa dan masyarakat apalagi di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Kehadiran website dalam situasi seperti saat ini tentu sangat membantu. Tentu saja ini akan memudahkan pemerintah desa dalam melayani kebutuhan masyarakat,” tutur Pius Baut.

Sementara Kepala Desa Siru, Sumardi, menjelaskan bahwa selain sebagai media informasi, situs www.siru.desa.id juga memiliki fitur sistem informasi desa, data kependudukan, pelayanan administrasi, data pemerintahan, layanan administrasi, APBDes dan statistik desa.

Aplikasi pengelola informasi desa ini dapat digunakan secara mandiri oleh perangkat desa, dan sangat mendukung tugas perangkat desa dalam mengelola data kependudukan desa.

Selain beberapa fitur tersebut, aplikasi kecerdesan buatan ini juga memiliki fitur pelayanan online. Warga cukup membuka link layanan online, kemudian mengisi NIK dan Nomor KK, lalu pilih jenis surat administrasi yang hendak dibuat, dan menhisi form yang tersedia.

“Form yang sudah terisi secara otomatis masuk server sistem informasi desa, untuk dilakukan verifikasi oleh pemerintah desa. Setelah diverifikasi, surat tersebut bisa langsung di-print untuk ditandatangani. Tentu ini sangat memudahkan warga kami,” pungkas Sumardi. (KI-05)

Check Also

Loccal Collection Berbagi Kasih dengan Anak-anak Panti Asuhan di Labuan Bajo

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Loccal Collection Hotel Labuan Bajo menunjukkan kepeduliannya kepada sesama, dengan berbagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *