Home / Nusantara / “Charity On The Road”, Cara Togar Situmorang Berbagi Kasih Natal
Advokat senior Togar Situmorang, SH, MH, MAP, turun ke jalanan berbagi makanan dan uang kepada orang-orang yang membutuhkan. (istimewa)

“Charity On The Road”, Cara Togar Situmorang Berbagi Kasih Natal

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Sepanjang tahun 2019, advokat senior Togar Situmorang, SH, MH, MAP, meraih sejumlah penghargaan. Ia masuk daftar 100 Advokat Hebat versi Majalah Property&Bank, Indonesia 50 Best Lawyer Award 2019, hingga Indonesia Most Leading Award 2019 dan terpilih sebagai The Most Leading Lawyer in Satisfactory Performance Of The Year.

Penghargaan ini bersama beberapa penghargaan lainnya, diraih Togar Situmorang berkat kerja keras serta dedikasinya bagi profesi serta kemanusiaan. Maklum, selain menjalankan profesi sebagai advokat dengan hati, advokat yang dijuluki Panglima Hukum ini juga selalu membumi.

Ketua Pengcab POSSI Kota Denpasar ini lebih banyak memilih hidup sehat, berbagi kasih dengan orang-orang tidak mampu, melayani mereka yang membutuhkan terutama yang berhadapan dengan kasus hukum, hingga rutin melaksanakan kegiatan sosial lainnya. Togar Situmorang bahkan tidak pernah memamerkan kekayaan, apalah ‘dihiasi’ wanita cantik nan seksi.

Sikap rendah hati, berbagi kasih, suka berada di tengah masyarakat kecil dan orang-orang terpinggirkan yang kerap dianggap sebelah mata, menjadi rutinitas yang melekat dengan Togar Situmorang. Hal ini juga yang dilakukannya dalam menyambut suka cita Natal 25 Desember 2019.

Senin (23/12/2019), Togar Situmorang dengan penuh suka cita dan kasih menggelar “Charity On The Road Around Denpasar City, Damai Kasih Natal”. Ia turun langsung ke jalanan dan berbagi makanan dan uang kepada orang-orang yang membutuhkan.

Charity On The Road ini dimulai dari Kantor Hukum Togar Situmorang & Associates di Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 22 Kesiman, Denpasar. Selanjutnya, Togar Situmorang menuju ke sejumlah titik di Jalan Gatot Subroto Timur, lalu ke Jalan Sekar Tunjung hingga ke seputaran Jalan Padanggalak, Sanur.

Walau hujan mengguyur, setiap derap langkahnya bersama beberapa advokat muda dari Kantor Hukum Togar Situmorang & Associates, tampak tetap antusias menyapa warga. Ia dan tim membagikan nasi bungkus dan amplop berisi sejumlah uang kepada orang-orang yang tidak mampu, seperti pemulung, buruh, ibu-ibu dan bapak-bapak penjual canang serta lainnya.

“Kami peduli terhadap masyarakat kecil yang selama ini kerap tidak diperhatikan. Misalnya kalau anak yatim kan ada pengelompokan, sponsor, perhatian pemerintah, CSR swasta. Tapi mereka ini seperti para pemulung, para buruh, ibu-ibu dan bapak-bapak penjual canang, kan tidak banyak yang memperhatikan,” tutur Togar Situmorang, di sela-sela kegiatan tersebut.

Melalui Charity On The Road, Ketua Hukum dari RS dr Moedjito Dwidjosiswojo Jombang, Jawa Timur, ini ingin menyampaikan pesan bahwa Natal itu membawa suka – cita, damai dan kasih.

“Kita tidak melihat orangnya siapa. Tuhan Yesus saja lahir di kandang domba, dicaci maki, dihina bahkan disalib. Tuhan Yesus turun di muka bumi membawa kemuliaan, dunia diselamatkan dari dosa,” tandas Dewan Pakar Forum Bela Negara Provinsi Bali ini.

Keyakinan itu juga yang mendorong advokat yang punya komitmen “Melayani Bukan Dilayani” ini berinisiatif jemput bola. Ia tidak meminta orang-orang yang membutuhkan ini datang ke kantor advokat yang memang dikenal kerap memberikan bantuan hukum gratis bagi masyarakat kurang mampu dan tertindas dalam penegakan hukum ini.

“Kita turun langsung, sambil beritahu profesi advokat itu officium nobile (Advokat adalah profesi terhormat dan mulia),” jelasnya.

Atas dasar filosofi officium nobile itu pula, Togar Situmorang sangat menghormati betul dan menjaga marwah profesi advokat dengan lebih banyak melakukan hal-hal mulia. Ia tidak terkontaminasi hidup hura-hura, glamor ke tempat eksklusif.

“Banyak ingin bikin acara natal di hotel, tempat istimewa, tukar kado, tapi saya pilih di tempat yang jarang dijangkau yakni datang ke masyarakat kecil,” ungkapnya.

Ia sangat menghindari hidup glamor, paling merasa sukses, tunjukkan banyak punya mobil mewah, berlian banyak, tunjukkan punya cek sekian miliar, punya villa, dikelilingi cewek cantik dan seksi. Ia lebih memilih membumi.

“Saya kontradiktif dengan advokat seperti itu. Kita down to earth saja, apa adanya. Tuhan Yesus saja lahirnya di kadang domba, dihina, disambit, disalib, tidak ingin glamor. Jadi, saya pilih berbagi dengan orang-orang terpinggirkan,” tegas Togar Situmorang, yang juga kerap berbagi kasih dengan anak-anak yatim piatu ini.

Dalam Gema Kasih Natal kali ini, Togar Situmorang juga akan mengadakan acara nonton bareng di Cinemax Plaza Renon bersama anak yatim piatu (agenda rutin) dari beragam agama yang berjumlah 100 orang.

“Di mana film pilihan kita adalah film masa kini yang sedang boming berjudul FROZEN II,” urai Togar Situmorang.

Ia juga mengatakan berbagai rangkaian acara Gema Kasih Natal ini, sebagai ungkapan syukur atas karunia yang telah dilimpahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini juga mengingatkan akan pengorbanan Yesus, yang dengan kerelaannya mau menebus semua dosa umat manusia.

“Sosok seperti inilah yang seharusnya dijadikan teladan dan pedoman. Banyak yang tidak kuasa menahan tangis lantaran keharuan yang menghampiri. Cikal bakal manusia yang terlahir dalam keadaan suci nampaknya tidak menjamin bahwa kehidupannya mulus dari kesalahan. Apalagi mengingat manusia sering lupa dan mengulangi kekeliruan yang sama,” tutur Togar Situmorang.

“Mari kita menjadi pembawa cinta kasih, damai dan terang bagi dunia. Selamat Hari Natal, semoga kehidupan kita dan keluarga selalu dipenuhi dengan cinta dan damai-Nya,” pungkas Founder and CEO Law Firm Togar Situmorang & Associates yang beralamat di Jalan Tukad Citarum Nomor 5A Renon, Denpasar (kantor pusat) dan Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 22 Kesiman, Denpasar (kantor cabang), ini. (KI4)

Check Also

Loccal Collection Berbagi Kasih dengan Anak-anak Panti Asuhan di Labuan Bajo

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Loccal Collection Hotel Labuan Bajo menunjukkan kepeduliannya kepada sesama, dengan berbagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *