Home / Politik / Cenderung Sektarian, Vatikan Soroti Misi Bu Faida – Mas Vian di Pilkada Jember
Ketua Umum Forum Komunikasi Alumni PMKRI, Hermawi Franziskus Taslim. (istimewa)

Cenderung Sektarian, Vatikan Soroti Misi Bu Faida – Mas Vian di Pilkada Jember

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Jember, dr Hj Faida MMR dan Dwi Arya Nugraha Oktavianto, ST (Bu Faida – Mas Vian) mendapat perhatian publik beberapa hari terakhir. Hal tersebut menyusul beredarnya visi dan misi pasangan calon independen tersebut yang dinilai banyak pihak cenderung sektarian.

Tak hanya publik dalam negeri, pihak Vatikan bahkan turut mempertanyakan misi pasangan Bu Faida РMas Vian ini. Sorotan pihak Vatikan tersebut sebagaimana disampaikan Hermawi  Franziskus Taslim, Ketua Umum Forum Alumni Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (Forkoma PMKRI), di Jakarta, Jumat (25/9/2020).

“Kontestasi Pilkada Pilkada harus tetap mengedepankan kesejukan dan harmonisasi seluruh masyarakat bangsa,” ujar Taslim.

“Oleh karenanya, visi dan misi yang ditawarkan kepada pemilih harus dalam kerangka menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, menghindari tawaran program yang bersifat sektarian. Sebab pemimpin yang dipilih kelak akan menjadi pejabat publik, pemimpin seluruh masyarakat apapun latar belakangnya, bukan pemimpin satu golongan saja,” imbuhnya.

Taslim menyebut, salah satu misi Paket Bu Faida – Mas Vian adalah Jember Kota Tahfidz, yang kemudian dijabarkan dalam 6 program unggulan. Mulai dari revitalisasi ruang belajar Pondok Pesantren dan Asrama Santri, kartu santri tangguh, insentif dan asuransi kesehatan untuk guru taman pendidikan Alquran, beasiswa untuk penghafal Alquran dan santri berprestasi, serta rumah sehat dan layak huni bagi Guru Ngaji.

“Program-program ini sangat baik. Tetapi seharusnya ditujukan buat seluruh warga Jember, bukan hanya untuk satu golongan masyarakat saja,” ucapnya.

“Saya percaya, umat Islam juga tidak ingin diistimewakan. Apalagi di Jember banyak sekali Kiai yang berpandangan luas, berwawasan kebangsaan yang sudah terbukti ke-NKRI-annya. Mereka pasti mendambakan pemimpin yang mengayomi seluruh umat, karena Jember juga seperti daerah-daerah lain di Indonesia, sangat plural dan majemuk, dari semua aspek kehidupan,” tandas Taslim, yang merupakan salah seorang pendamping setia Gusdur dalam mempromosikan hidup rukun dan toleran ke berbagai negara, ini.

Taslim yang merupakan mitra strategis Vatikan di Indonesia dan kerap diundang ke berbagai forum international di Vatikan itu, mengaku mendapat pesan via WhatsApp WA dari koleganya di Vatikan. Koleganya itu mempertanyakan visi dan misi paslon Bu Faida – Mas Vian.

Ia menyebut, tak berlebihan jika Vatikan menyoroti visi dan misi pasangan ini. Sebab, Faida dikenal di Vatikan, karena aktivitas-aktivitasnya sebagai bupati periode pertama yang terkesan mengayomi dan berbagi kasih dengan seluruh masyarakat Jember.

“Vatikan bahkan mengenang Ibu Faida sebagai salah seorang bupati yang pernah berkunjung dan masuk ke dalam Gereja Katolik di Jember. Nah, membaca visi dan misinya, mereka di Vatikan kaget. Sampai kolega saya dalam WA-nya mengatakan, ‘what’s wrong with Faida?’,” pungkas Taslim, sembari mengutip WA koleganya dari Vatikan.

Hingga berita ini ditulis, kitaindonesia.com belum berhasil mengonfirmasi pasangan Bu Faida – Mas Vian. (KI-033)

Check Also

Baliho Puan Mejeng di Berbagai Daerah, Pengamat: Untuk Persiapan Pilpres 2024

Jakarta (KitaIndonesia.Com) -Pemasangan baliho Puan Maharani di sejumlah daerah ditengarai sebagai persiapan menghadapi pemilihan presiden …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *