Home / Nusantara / Cegah Penyebaran Covid-19, Taman Nasional Komodo Juga Ditutup Sementara
Presiden Jokowi bersama rombongan saat meninjau kawasan Taman Nasional Komodo belum lama ini. (kitaindonesia.com/itho umar)

Cegah Penyebaran Covid-19, Taman Nasional Komodo Juga Ditutup Sementara

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Setelah Pemkab Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur memutuskan menutup sementara seluruh destinasi wisata di daerah itu, giliran Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) juga mengambil kebijakan yang sama. BTNK mengumumkan secara resmi penutupan sementara kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), Sabtu (21/3/2020), sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona jenis baru atau Covid-19.

Dalam Pengumuman Nomor PG.304/ T.17/ TU/ REN/ 03/ 2020 yang ditandatangani Kepala BTNK Lukita Awang Nistyantara, SHut, MSi, ini setidaknya ada lima poin yang disampaikan terkait langkah BTNK dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona semakin meluas.

Pertama, menutup seluruh obyek wisata untuk aktivitas wisata di dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Kedua, menunda dan membatasi kegiatan penelitian, pendidikan, ekspedisi dan lainnya di dalam kawasan Taman Nasional Komodo yang melibatkan banyak orang.

Ketiga, penutupan sementara kawasan Taman Nasional Komodo dimulai pada tanggal 22 Maret 2020 sampai dengan 29 Mei 2020. Keempat, penutupan sementara ini akan dievaluasi dengan memperhatikan kebijakan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktur Jenderal KSDAE serta pemerintah daerah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Kelima, dengan dikeluarkannya pengumuman ini maka Surat Kepala BTNK Nomor S.295/ T.17/ TU/ REN/ 03/ 2020 Tanggal 18 Maret 2020 Tentang Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Taman Nasional Komodo dinyatakan tidak berlaku.

Dalam pengumuman tersebut, Kepala BTNK juga menyertakan landasan keputusan penutupan sementara kawasan Taman Nasional Komodo ini. Di antaranya, Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 13.A Tahun 2020 Tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia.

Selain itu, Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor SE.1/ MENLHK/ SETJEN/ SET.1/ 3/ 2020 Tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kementerian LHK serta Surat Edaran Direktur Jenderal KSDAE Nomor SE.3/ KSDAE/ SET/ PEG.1/ 3/ 2020.

Ada juga Surat Edaran Gubernur Nusa Tenggara Timur Nomor B.005/ Parekraft/ 2020 Tentang Penundaan Festival Pariwisata dan Penutupan Sementara Destinasi Wisata serta Surat Bupati Manggarai Barat Nomor Kesra.440/ 42/ III/ 2020 Tentang Larangan Kapal Asal China Masuk di Perairan Labuan Bajo dan Sekitarnya. (KI21)

Check Also

Hari Laut Sedunia, Escape Bajo Bersama Komodo Escape Gelar Aksi Bersihkan Sampah di Pantai dan Laut

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Escape Bajo bersama Komodo Escape akan menggelar aksi bersihkan sampah di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *