Kepala Kantor BPN Mabar, Budi Hartanto. (istimewa)

BPN Mabar Canangkan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Manggarai Barat menggelar acara Pencanangan Eskternal Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), di Halaman Kantor BPN Mabar, di Labuan Bajo, Kamis 4 November 2021.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng; Kakanwil BPN Provinsi NTT Jaconias Walalayo; Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat Marthen Mitar, unsur Forkopimda, PPAT, tokoh agama, tokoh masyarakat serta perwakilan masyarakat.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya wujud nyata BPN Mabar untuk mengakselerasi tercapainya tujuan dari reformasi birokrasi yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, instansi yang bersih dan bebas dari KKN, serta peningkatan pelayanan publik,” kata Kepala Kantor BPN Mabar Budi Hartanto, dalam sambutannya pada acara tersebut.

Reformasi birokrasi, lanjut dia, merupakan salah satu langkah awal untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan yang baik, efektif dan efisien sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat tepat dan profesional.

“Untuk itu perlu secara konkrit dilaksanakan program reformasi birokrasi pada unit kerja melalui pembangunan zona integritas,” ujar Budi Hartanto.

Ia meyakini, komitmen untuk mewujudkan pelayanan yang prima kepada masyarakat akan terus diupayakan melalui pembenahan serta melakukan berbagai peningkatan kapasitas. Salah satunya melalui pencanangan pembangunan zona integritas.

“Saat ini kami seluruh jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten Mabar berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan zona integritas di wilayah kantor kami. Walaupun kami menyadari, dengan segala tantangan yang ada dan keterbatasan yang ada, kami punya semangat untuk melakukan yang terbaik demi meraih predikat wilayah WBK dan WBBM,” tandasnya.

“Kami yakin bisa dengan memegang teguh nilai – nilai Kementerian ATR/BPN, melayani profesional dan terpercaya,” imbuh Budi Hartanto.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah BPN Kepala BPN Provinsi NTT Jaconias Walalayo, menjelaskan, pencanangan zona integritas di jajaran BPN merupakan bentuk komitmen Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional dalam mewujudkan reformasi birokrasi.

Ia menyebut, Pencanangan Zona Integritas WBK dan WBBM ini merupakan amanat undang-undang, di mana seluruh lembaga/ instansi pemerintahan berkewajiban untuk mewujudkan birokrasi bersih, bebas korupsi dan melayani publik dengan baik.

“Penandatanganan pakta integritas itu adalah menunjukkan sebuah komitmen, mulai dari jajaran pimpinan Kantor BPN Mabar sampai pada pimpinan paling rendah termasuk staf sekalipun. Oleh sebab itu, terus dijaga dan dipelihara sebagaimana kita sudah mengatakan pakta integritas itu berarti kita mempunyai komitmen yang tinggi, tidak bisa setengah setengah,” ucapnya.

Adapun Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat Mathen Mitar, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten Manggarai Barat yang telah melakukan pencanangan ini dalam pelayanan publik yang bersih, akuntabel dan berkualitas tanpa ada korupsi.

Ia berharap, pencanangan zona integritas ini mampu menjawab kecemasan masyarakat akan pelayanan di BPN Mabar yang dinilai belum optimal. Marthen Mitar juga berharap, gagasan serta inovasi yang dilakukan BPN Mabar mendapatkan dukungan dari lintas sektor serta masyarakat.

“Atas nama pimpinan DPRD, kami mengapresiasi secara total inovasi yang dibangun oleh BPN Mabar saat ini untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat . Ini akan menjawab kecemasan masyarakat yang sangat luar biasa selama ini bahwa sering kali isu berkembang BPN lambat untuk mengurus sertifikat tanah, antriannya begitu panjang, penantian yang bertahun tahun, saya kira hari ini sudah memberikan jawaban,” tegasnya.

“Mari kita mendukung program ini dan doakan bersama supaya semoga saja Kepala Pertanahan bersama seluruh stafnya mampu menjaga komitmen ini secara maksimal,” imbuh Marthen Mitar.

Dalam kegiatan ini, BPN Mabar juga meluncurkan inovasi – inovasi baru yang bertujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus sertifikasi tanah.

Inovasi ini meliputi layanan One Day Service yang diberi nama La Cales (Layanan Ca Leso/ Layanan Satu Hari) yakni layanan permohonan yang diselesaikan dalam waktu satu hari di mana sesuai SOP penyelesaiannya membutuhkan 5 hari.

Layanan One Day Service ini berlaku khusus bagi permohonan ROYA, perubahan HGB menjadi hak milik, layanan pencatatan blokir, pencatatan sita dan pengangkatan sita.

Inovasi kedua yakni layanan Prioritas Mandiri atau LaPrima, yang meliputi penyediaan loket khusus permohonan tanpa kuasa.

“Pemohon kami siapkan loket khusus yang bertujuan mendorong masyarakat agar mendaftarkan tanahnya sendiri l serta diharapkan mampu memangkas peran para calo yang menyebabkan biaya tinggi dalam pengurusan layanan pertanahan,” urai Budi Hartanto.

Selanjutnya, layanan loket khusus permohonan bagi instansi pemerintah. Layanan ini merupakan bentuk komitmen BPN Mabar dalam mendorong instansi pemerintah agar mendaftarkan asetnya dalam rangka penertiban dan penyelamatan aset pemerintah.

Inovasi layanan lainnya adalah Layanan WhatsApp Masking. Layanan ini berupa pesan otomatis oleh sistem apabila permohonan sudah terdaftar atau apabila permohonan sudah selesai maka sistem akan secara otomatis mengirimkan pesan WhatsApp ke nomor telpon pemohon yang berisi permohonan sudah diterima atau permohonan sudah selesai dan produk bisa diambil. (KI-01)

Check Also

Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu, Demokrat Siap Bersinergi dengan Polda Bali

KitaIndonesia.Com – DPD Partai Demokrat Provinsi Bali menegaskan komitmennya untuk menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *