Home / Peristiwa / Nasional / Biaya Tes PCR Selangit, Melki Laka Lena: Tindak Tegas yang Langgar Perintah Presiden!
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena. (istimewa)

Biaya Tes PCR Selangit, Melki Laka Lena: Tindak Tegas yang Langgar Perintah Presiden!

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Biaya tes PCR (Polymerase Chain Reaction) di sejumlah daerah di Indonesia sangar mahal. Di Bali misalnya, biaya tes PCR bahkan mencapai Rp1,9 juta untuk hasil 4 jam.

Melambungnya harga tes PCR di beberapa daerah ini, mendapat perhatian dari Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena.

Ia meminta aparat hukum untuk mengambil tindakan tegas kepada pihak-pihak yang telah melakukan kecurangan terkait harga tes PCR ini.

“Harus ditindak tegas, karena sudah nyata melanggar apa yang menjadi perintah dari Presiden Jokowi,” tandasnya, melalui keterangan resmi yang diterima kitaindonesia.com di Jakarta, Senin 25 Oktober 2021.

“Dalam situasi saat ini, kita tidak boleh memberi toleransi kepada orang-orang yang dengan sengaja tidak menjalankan perintah Presiden Jokowi,” imbuh politisi Partai Golkar ini.

Laka Lena juga meminta kepada pimpinan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan lembaga terkait, untuk memberikan seruan yang luas kepada berbagai pihak. Ini penting agar tes PCR adil dan merata di negeri ini.

“Harga harus terjangkau, ada percepatan untuk melakukan proses pengujian, tidak lebih dari 12 jam,” tutur Laka Lena. “Harga tidak menjadi satu hal yang bisa dimainkan dengan berbagai argumentasi waktu lebih cepat lebih mahal,” lanjutnya.

Ia juga mendorongnya agar membuka ruang yang seluas-luasnya sehingga berbagai pihak yang mampu dapat mengupayakan adanya alat Swab PCR yang bagus, murah, terjangkau. Dengan begitu, alat tersebut tersedia di seluruh daerah.

“Harganya mesti terjangkau. Tidak boleh lebih. Kalau lebih, harus ditindak aparat. Dan alatnya harus tersebar di pelosok negeri, terutama di ibukota provinsi,” tegas Laka Lena. (KI-33)

Check Also

Rakernas PERADI Sukses, Togar Situmorang Kembali Suarakan Dukungan untuk ‘Single Bar’

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) pimpinan Prof Otto Hasibuan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *