Home / Ekonomi / BI Gelontor 1.300 Paket Sembako, PWI Bali Turut Dibantu
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho saat menyerahkan secara simbolis bantuan kepada Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra. (istimewa)

BI Gelontor 1.300 Paket Sembako, PWI Bali Turut Dibantu

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak signifikan terhadap berbagai sektor kehidupan masyarakat. Jangankan soal ekonomi, urusan sarana penunjang kesehatan bagi masyarakat, seperti masker, hand sanitizer, sabun antiseptik, disinfektan, hingga multi vitamin, bahkan sulit didapatkan. Kelangkaan dimaksud berpotensi mengakibatkan masyarakat rentan tertular/ menularkan Covid-19 kepada masyarakat lainnya.

Kondisi ini semakin diperparah dengan sulitnya sebagian besar masyarakat dalam hal pemenuhan kebutuhan dasar, terutama pangan. Hal ini tentu berpotensi mengakibatkan lemahnya imunitas masyarakat, sehingga upaya pencegahan pandemi Covid-19 tidak dapat dilakukan secara optimal.

Mencermati kondisi ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali tak tinggal diam. Melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali telah memberikan bantuan berupa paket alat pelindung diri (APD) dan sarana kesehatan (APD one set, masker N95, thermal gun, masker bedah, sarung tangan latex, hand sanitizer) kepada Gugus Tugas Covid-19 di Kota Denpasar.

Hal ini dibenarkan Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali Trisno Nugroho, usai menyerahkan bantuan secara simbolis disaksikan Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, di Denpasar, Selasa (12/5/2020). Pada kesempatan tersebut, Trisno Nugroho senafas dengan apa yang disampaikan pemerintah. Ia meminta peran aktif seluruh warga negara Indonesia untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan melakukan social distancing.

“Bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah dari rumah. Warga negara juga diminta untuk senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Memakai masker jika harus ke luar rumah dan rajin mencuci tangan,” ucapnya.

Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali juga bersinergi dengan BMPD Provinsi Bali dan anggota Komisi XI DPR RI Gusti Agung Rai Wirajaya dalam penyaluran paket sembako dan sarana kesehatan kepada Gugus Tugas Covid-19 di Kabupaten Gianyar, Buleleng, Bangli, Jembrana dan Kabupaten Karangasem.

“Bersinergi dengan BMPD Provinsi Bali, kami juga telah menyalurkan paket APD dan sarana kesehatan serta paket sembako ke RSUP Sanglah, RSUD Wanganya, dan RSUD Klungkung,” urai Trisno Nugroho.

Ia menyebut, melalui PSBI, pihaknya menyalurkan 1.300 paket sarana kesehatan dan sembako yang terdiri dari 3 pcs masker kain, 10 kg beras, 3 kg gula pasir dan 3 kg minyak goreng. Selain itu, pihaknya juga akan menyalurkan 5.000 pcs masker kain kepada warga yang terdampak Covid-19.

Ada dua desa dan dua banjar yang mendapat bantuan PSBI, yakni Desa Adat Yang Batu dan Desa Dangin Puri Kangin yang mewilayahi Kantor BI Bali dan rumah jabatan Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali serta Banjar Tega dan Banjar Antap yang menaungi rumah dinas BI Bali di daerah Tonja dan Panjer. Masing – masing desa dan banjar ini akan mendapatkan 100 paket sarana kesehatan dan sembako untuk disalurkan kepada warga yang terdampak Covid-19.

Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali juga menggandeng beberapa lembaga seperti ACT Foundation Bali, STAI Denpasar, Yayasan Lengis Hijau, PWI Bali, PW Muhammadiyah Denpasar, dan Paguyuban Wathan Lamahala dalam penyaluran 900 paket sarana kesehatan dan sembako lainnya kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di seluruh wilayah Bali.

“Untuk penyaluran 5.000 masker kain, kami bersinergi dengan Majelis Desa Adat Provinsi Bali yang akan membagikan masker tersebut ke seluruh desa adat yang ada di Bali,” jelasnya, sembari berharap agar bantuan yang  diberikan dapat bermanfaat bagi warga yang terdampak Covid-19.

“Mari kita bersama-sama bersinergi untuk mengatasi Covid-19, karena ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi merupakan tanggung jawab kita semua,” tandas Trisno Nugroho.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bali IGMB Dwikora Putra didampingi Koordinator Aksi PWI Bali Peduli Covid-19 Dewa Made Suta Sastradinata, usai menerima secara simbolis sumbangan 200 paket sembako, mengapresiasi kepedulian BI Bali kepada  wartawan yang juga secara langsung maupun tidak langsung terdampak pandemi Covid-19.

“Pertama-tama kami sampaikan terima kasih kepada BI Bali, sebab peduli kepada teman-teman wartawan yang dalam kondisi seperti ini juga harus tetap bekerja memburu berita untuk disuguhkan kepada masyarakat, termasuk memberitakan kasus dan penanggulangan pandemi virus corona ini. Sementara pendapatan media di tempatnya bekerja seperti iklan nyaris sudah tidak ada. Sehingga banyak media juga melakukan pemotongan gaji karyawan/ wartawan bahkan sampai 50 persen,” tutur Dwikora Putra.

Pemimpin Redaksi Harian Warta Bali ini berharap, mudah-mudahan belum ada wartawan yang sampai dirumahkan atau di-PHK akibat pandemi Covid-19.

“Adanya bantuan BI ini tentu sangat  bermanfaat bagi teman-teman wartawan, anggota PWI Bali khususnya, meskipun belum menjangkau secara keseluruhan,” ucapnya.

Selain Dwikora Putra mewakili PWI, ada beberapa organisasi sosial masyarakat lainnya yang mendapat bantuan BI Bali. Seperti Patengen MDA Bali I Gede Arya Sena, Bendesa Adat Yang Batu I Nyoman Suparta, Perbekel Dangin Puri Kangin I Wayan Sulatra, SE, Kepala Lingkungan Banjar Antap Kadek Wiradana, Kepala Lingkungan Banjar Tega I Wayan Sudiana, Ketua STAI Denpasar Jumari, Ketua Disdakmen PW Muhammadiyah Bali Drs H Ismoyo S Soemarlan, MPar, Head of Marketing ACT Foundation Cabang Bali Abdul Haris Ma’mun, Ketua Yayasan Lengis Hijau AA Bagus Sudarsana, Ketua Paguyuban Wathan Lamahala Umar Khatab. (KI4)

Check Also

Pertumbuhan Ekonomi di Jalur Positif, Menko Perekonomian: Penanganan ‘Gas’ dan ‘Rem’ Sudah Benar

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini sudah berada di jalur positif. Hal itu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *