Home / Nusantara / Belasan Desa di NTT Masih Terisolir
Kondisi banjir di Kabupaten Malaka, NTT, Minggu 4 April 2021. (istimewa)

Belasan Desa di NTT Masih Terisolir

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Sekitar belasan desa di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) masih terisolir akibat bencana alam banjir dan angin kencang yang menerjang sebagian besar wilayah itu sejak Minggu 4 April 2021 dini hari.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) NTT Josef Nae Soi, menjawab pertanyaan wartawan dalam jumpa pers secara virtual bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dan Menteri Sosial Tri Rismaharini, Senin 5 April malam.

Di Kabupaten Malaka ada sekitar 6 desa yang masih terisolir karena jembatan putus akibat diterjang banjir,” jelas Josef Nae Soi.

Adapun di Kabupaten Flores Timur yang bencananya cukup parah, juga terdapat 6 desa yang masih terisolir. Rata-rata desa terisolir berada di Adonara.

Sementara itu sejumlah desa di 6 kecamatan di Kabupaten Sabu Raijua juga masih terisolir. Selain karena jalan dan jembatan putus, gelombang laut yang tinggi juga menyulitkan petugas masuk ke daerah bencana,” kata Josef Nae Soi.

Pada kesempatan yang sama Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Doni Monardo menjelaskan bahwa pihaknya sudah menyiapkan tiga helikopter untuk diterjunkan ke daerah-daerah terisolir.

Selain untuk mengevakuasi korban, helikopter juga dikerahkan untuk membawa bantuan makanan dan kebutuhan lainnya bagi para korban. Apalagi ribuan warga dilaporkan sedang mengungsi.

“Untuk daerah yang terisolir kita dukung dengan helikopter. Ada tiga unit yang disiapkan. Kita harapkan, jika memang diperlukan tambahan, akan ada bantuan dari Mabes TNI dan Polri,” tutur Doni Monardo. (KI-33)

Check Also

Enam Napi Rutan Negara Dipindahkan ke Lapas Karangasem

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Sebanyak enam narapidana (Napi) kasus pidana umum di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *