Home / Pariwisata / Begini Cara Warga Perkenalkan Objek Wisata Air Terjun Cunca Jami
Warga Kampung Meleng merayakan peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di objek wisata Air Terjun Cunca Jami. (kitaindonesia.com/itho umar)

Begini Cara Warga Perkenalkan Objek Wisata Air Terjun Cunca Jami

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Air Terjun Cunca Jami belum begitu populer sebagai salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Padahal air terjun ini terletak di Kampung Meleng, Desa Cunca Wulang, Kecamatan Mbeliling, Manggarai Barat, atau tak jauh dari Cunca Wulang.

Untuk memperkenalkan objek wisata ini kepada publik, warga Kampung Meleng memanfaatkan momentum HUT ke-75 Republik Indonesia, Senin (17/8/2020). Mereka menggelar berbagai kegiatan untuk memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan itu, seperti mengibarkan Bendera Merah Putih, menyanyikan Lagu Indonesia Raya serta lagu-lagu kemerdekaan.

“Kami yang hadir dalam kegiatan ini ratusan orang. Mulai dari anak-anak, pemuda dan pemudi hingga orang tua, semuanya hadir di lokasi air terjun. Ada juga para pelaku wisata,” jelas Vinsensius Mulyadi, Koordinator Upacara Peringatan HUT ke-75 RI, saat dihubungi kitaindonesia.com.

Warga yang hadir tampak mengenakan pakaian bebas. Tampak beberapa anak dan pemuda membawakan tombak yang diikat Bendera Merah Putih, dalam ukuran besar dan kecil.

“Ini spontanitas warga. Sebenarnya tidak ada panitia khusus. Jadi kami semua dengan pakaian bebas. Kami mensyukuri usia NKRI yang menginjak 75 tahun saat ini,” ucapnya.

Disinggung soal pilihan lokasi kegiatan di Air Terjun Cunca Jami, Vinsen menjelaskan, hal tersebut dilakukan karena warga Kampung Meleng ingin Air Terjun Cunca Jami dikenal luas.

“Kami ingin masyarakat banyak mengetahui bahwa selain Cunca Wulang yang sudah masuk destinasi, ternyata ada juga Cunca Jami yang tidak kalah indah dan bagus. Kami ingin masyarakat dan wisatawan juga berkunjung ke tempat ini,” jelas Vinsensius. (KI-21)

Check Also

Bertemu Pelaku Pariwisata, Dir Intelkam Polda Bali Berikan Beberapa Pesan

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Pulau Bali yang selama ini mengandalkan sektor pariwisata juga turut merasakan dampak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *