Home / Politik / Bawaslu Manggarai Barat: Data Pemilih Amburadul
Ketua Bawaslu Manggarai Barat, Simeon Sofan Sofian. (kitaindonesia.com/itho umar)

Bawaslu Manggarai Barat: Data Pemilih Amburadul

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, menemukan banyak pelanggaran yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai Barat terkait pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih yang dimulai 15 Juli lalu.

Bahkan menurut Ketua Bawaslu Manggarai Barat Simeon Sofan Sofian, data pemilih A-KWK yang didata KPU amburadul. Bawaslu menemukan ratusan pemilih yang sudah meninggal dunia justru masuk dalam data pemilih A-KWK.

“Kami minta KPU Manggarai Barat agar nama-nama yang meninggal dunia itu nanti jangan masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Manggarai Barat. Tahapan belum selesai, namun kita temukan data amburadul,” kata Simeon Sofian, di Labuan Bajo, Jumat (24/7/2020).

Selain adanya daftar pemilih yang meninggal dunia, Bawaslu juga menemukan pelanggaran lainnya. Seperti yang terjadi di Kecamatan Sano Nggoang, di mana ada penambahan ratusan daftar pemilih siluman di Desa Golo Manting.

Bawaslu juga menemukan masalah pemindahan ratusan daftar pemilih di Desa Wae Mowol, Kecamatan Lembor, yang masuk dalam daftar pemilih Desa Wae Bangka.

“Kami menilai KPU tidak melakukan sinkronisasi data. Coklit tinggal berapa hari lagi. Kita minta KPU Manggarai Barat serius mengurus data pemilih untuk Pilkada Manggarai Barat,” pungkas Simeon Sofian. (KI-21)

Check Also

Kinerja Polda Bali Diapresiasi Sekwan DPRD Provinsi Bali

Denpasar(KitaIndonesia.Com) – DPRD Provinsi Bali menyatakan terbuka dalam memfasilitasi penyampaian aspirasi yang dilakukan oleh masyarakat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *