Home / Politik / Bawaslu Mabar: Beberapa ASN Dipantau Khusus Setelah Penetapan Paslon
Ketua Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat, Simeon Sofan Sofian. (istimewa)

Bawaslu Mabar: Beberapa ASN Dipantau Khusus Setelah Penetapan Paslon

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) akan memantau khusus beberapa aparatur sipil negara (ASN). Pemantauan intensif akan dilakukan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai Barat menetapkan pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati yang menjadi peserta Pilkada 2020.

Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat, Simeon Sofan Sofian, di Labuan Bajo, Jumat (14/08/2020). Menurut dia, saat ini pihaknya mulai melakukan pemantauan terhadap akun media sosial yang merupakan milik ASN di daerah itu. Pemantauan difokuskan pada akun yang aktif berkomentar terkait Pilkada Manggarai Barat.

Tidak sebatas memantau, Bawaslu bahkan telah mengantongi nama – nama ASN yang aktif berbicara terkait Pilkada, khususnya terkait paslon tertentu.

“Sudah kami pantau dan kami sudah kantongi nama-nama sejumlah ASN. Ini merupakan data awal untuk kami,” papar Simeon.

Meski sudah mengantongi nama-nama para ASN tersebut, namun diakuinya untuk saat ini Bawaslu belum bisa mengambil tindakan. Hal itu terjadi karena obyeknya belum ada.

“Obyek yang dimaksud adalah pasangan calon. Kan ASN dilarang memberikan dukungan kepada pasangan calon, sekarang masih bakal pasangan calon,” ujar Simeon.

Apabila sudah ada penetapan pasangan calon oleh KPU, kata dia, maka pihaknya bisa mengambil tindakan. Untuk saat ini, pihaknya baru sebatas memantau khusus pergerakan beberapa ASN.

“Setidaknya kami sudah memiliki data awal. Nama-nama tersebut akan terus kita pantau ke depan,” pungkas Simeon, sembari berharap agar ASN di Kabupaten Manggarai Barat bisa menahan diri dan tetap netral pada Pilkada Serentak 2020 ini. (KI-21)

Check Also

Usung 7 Program Prioritas, Togar Situmorang Optimistis Menang di Pilgub DKI Jakarta

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Jadwal Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta, belum ketok palu. Sementara masa jabatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *