Home / Nusantara / Bagikan Ribuan Bibit Tanaman, Tamba Ajak Warga Jaga Ketahanan Pangan
Ketua Relawan JKJ, Nengah Tamba, saat membagikan paket bibit tanaman kepada warga. (istimewa)

Bagikan Ribuan Bibit Tanaman, Tamba Ajak Warga Jaga Ketahanan Pangan

Jembrana (KitaIndonesia.Com) – Relawan Jembrana Kembali Jaya (JKJ) terus melakukan aksi nyata bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Setelah berbagai aksi kemanusiaan seperti penyemprotan disinfektan, pembagian masker, hand sanitizer dan sembako, kini JKJ lebih fokus pada program ketahanan pangan.

Dalam program ini, JKJ mengajak warga Jembrana, Bali, untuk ikut dalam gerakan berkebun dengan memanfaatkan pekarangan rumah masing-masing. Gerakan ini dipandang penting untuk menjaga ketahanan pangan, di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir.

“Mari kita manfaatkan waktu di rumah, manfaatkan lahan pekarangan untuk menanam kebutuhan pangan sehari-hari sebagai upaya ketahanan pangan,” ajak Ketua Relawan JKJ, Nengah Tamba, di Jembrana, Bali, Minggu (10/5/2020).

Ajakan tersebut disampaikan Tamba, di sela-sela pembagian paket sembako dan ribuan bibit tanaman kepada warga di Banjar Warnasari Kelod, Desa Wanasari, Kecamatan Melaya, Jembrana. Adapun bibit tanaman yang dibagikan pada kesempatan tersebut, di antaranya adalah bibit bunga Gumitir 10 pohon, sayur hijau 200 benih, kangkung 500 benih, cabai 10 pohon, terong 10 pohon, polyback 1 kg (40 buah) dan pupuk kompos 1 kg.

“Saya berharap, dari satu paket ini jika ditanam dengan baik, bunga gumitir hasilnya bisa dijual sedangkan cabai dan sayur-sayur, selain bisa dijual juga untuk dikonsumsi sehari-hari,” ujar Tamba, yang juga mantan Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bali.

Menurut dia, paket bibit tanaman ini akan dibagikan secara bertahap di Jembrana. Apabila gerakan ini dilakukan bersama-sama, Tamba yang juga salah satu bakal calon bupati Jembrana ini yakin masyarakat tidak akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari selama pandemi Covid-19.

“Kita tidak tahu, kapan wabah ini berakhir. Karena itu, sangat penting untuk menjaga ketahanan pangan selama pandemi Covid-19 ini. Kami dari JKJ, mencoba mengajak masyarakat untuk menjaga ketahanan pangan kegiatan seperti ini,” pungkas Tamba, yang juga mantan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Provinsi Bali. (KI4)

Check Also

Ajak Masyarakat Vaksin dan Jaga Imun, Togar Situmorang: Jangan Remehkan Virus Corona!

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Hampir dua tahun dunia dirundung bencana wabah virus corona. Virus yang berasal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *